Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

6 Tip untuk Tetap Aktif Saat WFH

20 September 2021   17:16 Diperbarui: 20 September 2021   17:19 92 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
6 Tip untuk Tetap Aktif Saat WFH
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, March - April 2021, hlm. 84.

Emily Doe, dari Yayasan Gerakan (Movement Foundations), memberikan tip-tip terbaiknya untuk tetap bergerak dan tetap sehat saat jauh dari kantor.

Sejak awal pandemi, banyak orang di seluruh dunia mendapati diri mereka lebih sering bekerja dari rumah (Work from Home/WFH), kalau pun tidak bisa dikatakan penuh waktu. Ini mempengaruhi kita semua dengan cara yang berbeda dan Anda mungkin tidak merasa bahwa sebenarnya Anda bisa memiliki pengaturan yang sempurna untuk bekerja secara efektif dari rumah.

Ada banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan Anda saat bekerja di rumah, dan berikut ini adalah beberapa tip terbaik dari Emily.

Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, March - April 2021, hlm. 86.
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, March - April 2021, hlm. 86.

1. Bergerak Secara Alami
Saat mempertimbangkan bagaimana mendapatkan lebih banyak "gerakan alami" ke dalam hari kita, kita harus mempertimbangkan hal berikut: berapa lama waktu kita duduk di kursi, dan bagaimana kita bisa memberikan kesempatan untuk gerakan yang lebih alami di rumah?

Untuk kesehatan yang baik, penting bagi tubuh kita untuk memiliki jeda gerakan yang kecil tetapi sering dilakukan sepanjang hari. Duduk lebih sedikit harus sama dengan lebih banyak berdiri! Bahkan hanya dengan duduk selama 3 jam duduk, kerusakan bisa terjadi pada tingkat seluler.

Pindah ke taman secara teratur (jika Anda memilikinya) atau hanya berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain sesering mungkin akan meniadakan efek merusak akibat terlalu banyak duduk.

Diam terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan kita, jadi mengurangi waktu duduk kita sama pentingnya dengan aktif secara fisik.

Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, March - April 2021, hlm. 86.
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, March - April 2021, hlm. 86.
2. Pergi Keluar Rumah
Teknologi dan media telah semakin mengubah gaya hidup dan kebiasaan kita. Untuk menjaga kesejahteraan kita, alam bisa memainkan peranan yang sangat penting.

Kajian-kajian menunjukkan bahwa paparan alam bisa mengurangi hipertensi dan penyakit-penyakit saluran pernapasan dan kardiovaskular, meningkatkan vitalitas dan suasana hati, memberi manfaat kesejahteraan mental, misalnya pada ansietas, dan memulihkan kapasitas perhatian dan kelelahan mental.

Tetapi lebih dari itu, merasa menjadi bagian dari alam telah terbukti berkorelasi signifikan dengan kepuasan hidup, vitalitas, kebermaknaan, kebahagiaan, mindfulness, dan menurunkan ansietas kognitif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan