Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

12 Cara Menikmati Hal-hal Sederhana

18 September 2021   03:33 Diperbarui: 18 September 2021   03:39 92 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
12 Cara Menikmati Hal-hal Sederhana
Kolase. Sumber: Planet Mindful, July - August 2021, hlm. 13.

"Langkah pertama untuk mencapai suatu tempat adalah memutuskan bahwa Anda tidak akan tinggal di tempat Anda sekarang." 
- J.P. Morgan.

Memaksimalkan hidup tidak harus dengan petualangan besar atau suguhan mahal. Hal-hal kecil dalam hidup bisa membuat perbedaan besar bagi kesejahteraan Anda.

1. Pergi Piknik
Jika Anda biasa berpiknik, ada sesuatu yang sangat bernostalgia tentang mengemas bekal makanan dan minuman, dan tikar, lalu pergi ke sebuah lapangan berumput. Ini adalah sebuah aktivitas yang paling santai yang memungkinkan Anda membenamkan diri di alam selama beberapa 2 jam. Berbaring dan saksikan awan perlahan berubah bentuk saat melayang melintasi langit.

Berpegangan tangan. Sumber: Planet Mindful, July - August 2021, hlm. 13.
Berpegangan tangan. Sumber: Planet Mindful, July - August 2021, hlm. 13.

2. Berpegangan Tangan
Karena pembatasan pandemi Covid terus mereda, dengan melihat situasi, jika memungkinkan, luangkan waktu sejenak untuk menghargai hal-hal yang paling Anda rindukan. Kekuatan sentuhan tidak bisa diremehkan, dan gerakan sederhana seperti memegang tangan orang yang dicintai bisa membuat Anda merasa lebih terhubungkan.

3. Membuat Kolase
Pada perjalanan Anda berikutnya, kumpulkan dedaunan, bunga-bunga, dan untaian rumput apa pun yang Anda suka. Gunakan setiap temuan berharga Anda untuk membuat pemandangan Anda sendiri dari alam, lalu pajang dalam bingkai kayu untuk mengingatkan Anda tentang tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi, sepanjang tahun.

4. Tumbuhkan Tanaman dari Biji
Berkebun adalah cara yang bagus untuk melatih kesabaran dan kemudian menikmati mekarnya bunga atau matangnya buah yang Anda tanam.

5. Tersenyum pada Orang yang Belum Anda Kenal
Senyum bisa mengubah hari Anda. Tersenyum terbukti bisa meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres, dan bahkan membantu Anda hidup lebih lama. Senyuman juga bisa menularkan senyuman. Jadi tersenyum pada orang-orang, misalnya ketika Anda sedang sarapan di luar rumah, entah nasi uduk, nasi kuning, lontong, dsb., atau pada orang-orang  yang antre di kasir minimarket, semuanya bisa menciptakan efek kebahagiaan.

6. Menghidupkan Kembali Sebuah Hobi
Pada masa kanak-kanak, apakah Anda pernah bermain harmonika, biola, pianika, atau piano, dll.? Atau mungkin ibu atau nenek Anda pernah mengajari Anda menjahit? Luangkan waktu dalam hidup Anda untuk menikmati kembali hiburan lama yang membawa sukacita kepada Anda. Anda tidak pernah tahu ke mana semua itu mungkin mengarah!

Menulis surat. Sumber: Planet Mindful, July - August 2021, hlm. 15.
Menulis surat. Sumber: Planet Mindful, July - August 2021, hlm. 15.
7. Menulis Surat
Luangkan waktu untuk menulis surat kepada teman atau saudara. Pilih kertas yang indah atau kartu buatan tangan dengan hati-hati, dan benar-benar fokus pada lettering dan rangkaian kata yang Anda tulis. Bayangkan mereka tersenyum saat membuka amplop, dan bagaimana perasaan mereka saat membaca kata-kata Anda yang penuh perhatian.

8. Tidur di Bawah Bintang-bintang
Kapan terakhir kali Anda benar-benar melihat bintang? Aktivitas sederhana ini bisa membantu Anda terhubungkan kembali dengan dunia di sekitar Anda dan membantu Anda menyadari betapa kecilnya masalah Anda jika dibandingkan dengan luasnya alam semesta. Berbaring dan bernyaman-nyamanlah di bawah sebuah kantong tidur, di bawah langit malam berbintang yang sangat luas itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan