Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mindfulness: Latihan Meditasi Pernafasan

17 September 2021   02:49 Diperbarui: 17 September 2021   08:40 120 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mindfulness: Latihan Meditasi Pernafasan
Meditasi Pernafasan. Sumber: superwellnessblog.com

Kita selalu bernafas, meskipun biasanya kita tidak menyadarinya. Dalam meditasi ini Anda memusatkan perhatian pada nafas Anda, sambil memperhatikan adanya distraksi dan membiarkannya pergi. Sifat pikiran adalah mengembara, jadi Anda perlu membuat
ruang dan mengenali distraksi ini.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 68.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 68.

Kapan pun Anda bernafas dengan cara yang berbeda dari biasanya (misalnya, saat Anda berjalan mendaki bukit yang curam atau mengalami emosi yang kuat), Anda mungkin secara sadar menyadari dan mencatat pernafasan Anda. Tetapi di lain waktu, Anda tidak menyadari prosesnya, karena pikiran Anda tertuju pada hal-hal lain.

Kesinambungan pernafasan kita menjadikannya subjek yang ideal untuk meditasi mindfulness. Ini memberi kita cara yang tersedia secara permanen untuk berlabuh pada momen sekarang ini.

Tenang: Lakukan Saja

Jangan khawatir sama sekali tentang berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk meditasi. Pertama kali Anda mencobanya, 5 menit mungkin akan terasa seperti waktu yang lama untuk berada dalam mode "menjadi," karena ini sangat berbeda dari keadaan "melakukan" normal Anda.

Anda mungkin mendapati diri Anda menjadi gelisah secara mental, bertanya-tanya apakah meditasi Anda berhasil, apakah Anda akan mampu bertahan dengannya, atau apakah Anda subjek yang cocok.

Sangat normal bagi pikiran Anda untuk mengembara seperti ini dan akan luar biasa jika pada awal latihan meditasi Anda, fokus Anda tetap pada pernafasan Anda. Jangan berkecil hati, teruslah melakukannya. Dan ingat nasihat Jon Kabat-Zinn untuk pemula: Anda tidak harus menikmati meditasi Anda. Hanya berkomitmen untuk itu, dan manfaatnya akan terungkap pada waktunya.

Ilustrasi. Diadaptasi dari: Practical Mindfulness Book, hlm. 69.
Ilustrasi. Diadaptasi dari: Practical Mindfulness Book, hlm. 69.

Apa yang Anda Perhatikan Saat Anda Bernafas

Kita bernafas sepanjang hari dan saat kita tertidur tanpa kita menyadarinya. Ketika kita menjadikan pernafasan kita sebagai fokus dari meditasi mindfulness, itu bukan pertanyaan tentang "mengambil" nafas masuk dan keluar, tetapi "memperhatikan" saat nafas kita datang dan pergi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan