Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mindfulness: Berbagai Postur Meditasi

16 September 2021   13:22 Diperbarui: 16 September 2021   13:25 99 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mindfulness: Berbagai Postur Meditasi
Berbagai postur meditasi. Diadaptasi dari: shopify.com

Tubuh Anda terus-menerus mengundang Anda ke sini dan sekarang, ini saatnya untuk menerima undangan itu.

Duduk sambil bermeditasi memungkinkan Anda untuk berdiri tegak dan waspada, sambil tetap santai: kebanyakan pemula lebih suka duduk di kursi daripada di lantai.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 66.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 66.

Ingatlah bahwa meditasi bukan olahraga, kuncinya adalah apa yang Anda lakukan dengan pikiran Anda, bukan apa yang Anda lakukan dengan telapak kaki atau kaki Anda.

Jika pikiran Anda terus-menerus melayang ke sana kemari, mengunjungi masa lalu dan masa depan, tubuh Anda selalu andal pada masa sekarang. Jadi tidak mengherankan bahwa cara yang paling bisa diandalkan untuk memulai latihan mindfulness Anda adalah dengan menyesuaikan diri dengan sensasi tubuh Anda sendiri.

Tubuh Anda terus-menerus mengundang Anda ke sini dan sekarang: menerima undangan ini adalah dasar untuk meditasi mindfulness pertama Anda, dan akan menjadi rumah yang akrab untuk kembali pada latihan-lathian Anda di masa depan.

Kebanyakan orang memilih untuk memulai latihan meditasi mereka dalam posisi duduk karena itu akrab, nyaman, bisa diakses hampir di mana saja, dan membantu Anda tetap waspada namun santai.

Persiapan
Untuk memulai, kenakan pakaian longgar, atau kendurkan ikat pinggang atau manset yang ketat dan temukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan diganggu.

Duduk di kursi tegak (lihat gambar di bawah) atau bersila di atas bantal di lantai. Ikuti panduan yang diberikan di sini untuk menemukan postur yang nyaman dan tidak memerlukan upaya untuk mempertahankannya.

Pikirkan diri Anda sebagai sebuah gunung: stabil, seimbang, membumi, dan bermartabat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan