Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mindfulness: 3 Jenis Program Minggu demi Minggu

16 September 2021   09:29 Diperbarui: 16 September 2021   09:39 71 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mindfulness: 3 Jenis Program Minggu demi Minggu
Meditasi pernafasan dan tubuh. Sumber: himalayaninstitute.org 

Mengikuti sebuah program meditasi membawa struktur pada pekerjaan mindfulness Anda. Seperti kalender, program itu ada untuk melayani, bukan untuk membatasi Anda.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 62.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 62.

Berikut adalah 3 program bagi mereka yang lebih memilih panduan dalam eksplorasi mereka.

Halaman-halaman ini menawarkan sebuah program 8 minggu yang dirancang khusus, di samping 2 program yang lebih pendek, bagi mereka yang ingin menjalani kursus terstruktur. Anda bisa mempersingkat atau memperpanjang durasi program mana pun sesuai dengan kebutuhan atau kecenderungan Anda.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 62.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 62.

Harapannya adalah setelah menyelesaikan salah satu kursus, Anda akan merasa cukup percaya diri untuk membangun elemen-elemennya menjadi kehidupan sehari-hari Anda tanpa batas mulai sekarang.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 62.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 62.
1. Latihan Pernafasan dan Tubuh untuk Pemula
4 minggu, 10 menit per hari, dikembangkan hingga 30 menit per hari.

Minggu 1: Latihan pernafasan 10 menit per hari.
Aplikasikan mindfulness pada setidaknya 2 kali makan, 2 pekerjaan rumah tangga, dan 2,5 jam berjalan kaki.

Minggu 2: Latihan pernafasan 20 menit per hari.
Cobalah latihan meditasi berjalan juga, dan aplikasikan mindfulness pada setidaknya 2 kali makan, 2 pekerjaan rumah tangga, dan 2,5 jam berjalan kaki.

Minggu 3: Latihan tubuh dan pernafasan 20 menit setiap hari, diselingi dengan latihan meditasi berjalan atau pernafasan.
Cobalah latihan objek juga, lanjutkan dengan makanan, tugas, dan jalan-jalan yang mindful sesuai keinginan, dan cobalah percakapan yang mindful juga.

Minggu 4: Latihan tubuh dan pernafasan 30 menit setiap hari, dengan latihan meditasi berjalan atau pernafasan, objek, atau gunung, kapan pun Anda mau, sebagai pengganti atau sebagai tambahan.
Lanjutkan mindfulness informal Anda dalam aktivitas dan percakapan.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 63.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 63.
2. Latihan Pernafasan, Tubuh, dan Wawasan untuk Pemula
6 minggu, 10 menit per hari, dikembangkan sampai 30 menit per hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan