Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mindfulness: Komunikasi yang Baik

15 September 2021   03:31 Diperbarui: 15 September 2021   03:40 92 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mindfulness: Komunikasi yang Baik
Ilustrasi. Diadaptasi dari: Practical Mindfulness Book, hlm. 48-49.

Sebuah percakapan idealnya berdenyut dalam sebuah ritme saling memberi dan menerima. Pikiran kita yang mengembara terkadang membawa memori atau asosiasi yang bisa menggerakkan komunikasi. 

Tetapi pikiran yang mengembara terlalu jauh menjadi distraksi atau ansietas, dan hubungan di antara orang-orang bisa menjadi bercampur-aduk.

Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 48.
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 48.

Percakapan satu lawan satu yang baik, seperti pertandingan tenis, bergantian di antara ujung-ujungnya. Satu partisipan beralih dari mode memperhatikan ke mode berbicara dan kembali lagi, dan di dalam percakapan ada aliran keterlibatan yang berkelanjutan.

Kurangnya perhatian di satu sisi bisa menyebabkan aliran percakapan goyang atau goyah jika bagian percakapan itu terpotong dari sambungannya.

Ansietas pada salah satu atau kedua partisipan juga bisa menginterupsi aliran percakapan dengan menyebabkan seorang individu mengarahkan perhatiannya terhadap keraguan batin ketimbang ke arah luar, yaitu ke mitra percakapannya.

Keterampilan dan Empati
Kita sering berbicara tentang percakapan sebagai sebuah keterampilan, dan dalam banyak hal memang demikian.

Tentu saja, itu akan menjadi lebih baik dengan latihan, karena frasa yang Anda gunakan untuk menggabungkan gagasan-gagasan Anda lebih mudah datang kepada Anda.

Dengarkan seorang politisi ulung yang diwawancarai di TV atau radio: anyaman kata-katanya yang mulus sebagian besar disebabkan oleh kepercayaan diri, mungkin sejumlah pelatihan dalam presentasi diri, tetapi di atas semua itu, latihan.

Namun, menganggap percakapan sebagai sebuah latihan keterampilan berarti meremehkan salah satu hal paling berharga yang kita miliki, yaitu hubungan kita dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan