Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mindfulness untuk Kesehatan dan Kesejahteraan: Terapi Modern

12 September 2021   01:17 Diperbarui: 12 September 2021   01:18 87 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mindfulness untuk Kesehatan dan Kesejahteraan: Terapi Modern
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 26.

Pada akhir abad ke-20, mindfulness berubah menjadi beberapa pendekatan baru berbasis meditasi untuk penyembuhan. Ini didasarkan pada keyakinan bahwa orang bisa memperoleh beberapa bantuan dalam mengatasi nyeri atau distres dengan mengubah cara berpikir mereka melalui meditasi mindfulness.

Sejarah modern mindfulness dimulai sejak 1970-an dan karya Jon Kabat-Zinn, seorang ilmuwan molekuler dan praktisi meditasi. Kabat-Zinn mengembangkan sebuah program pengurangan stres untuk orang yang menderita berbagai kondisi medis dan psikologis kronis, dari masalah jantung hingga serangan panik.

Diadakan di Pusat Medis Universitas Masschusetts, AS, kursus 8 minggu Kabat-Zinn didasarkan pada meditasi dan kesadaran tubuh, yang dikombinasikan dengan postur yoga sederhana.

Diluncurkan kembali pada 1990 sebagai Pengurangan Stres Berbasis Mindfulness (Mindfulness-Based Stress Reduction) atau MBSR, pendekatan ini bersifat sekuler.

Apa yang Benar Denganmu?
Kabat-Zinn memeriksa apa yang membuat kita semua tergerak dan sumber yang sama dari distres kita. Dia mempertimbangkan tantangan-tantangan kehidupan modern, serta masalah-masalah kuno seperti harga diri yang rendah.

Namun, penekanannya sama besarnya pada "apa yang benar denganmu?" sebagai "apa yang salah denganmu?"

Dia menunjukkan bahwa dengan mengalihkan fokus kita dari negatif menuju positif, kita bisa membebaskan diri dari beberapa pemikiran dan perasaan yang melemahkan, yang terkait dengan kesehatan yang buruk.

Dengan mengatasi depresi tak lama kemudian, kelompok terapis dan peneliti mulai mengintegrasikan MBSR dengan terapi psikologis yang ada, terutama Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioural Therapy) atau CBT.

Terapi ini telah dirancang untuk membantu orang dengan depresi akut dan didasarkan pada gagasan bahwa pemikiran, perasaan, sensasi, dan tindakan saling berhubungan.

Pemikiran dan perasaan negatif bisa menjebak orang-orang ke dalam sebuah lingkaran setan. Ini dibantu dihilangkan oleh terapis dengan membagi masalah besar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil, dan kemudian menunjukkan bagaimana mengubah pola negatif ini dan sebagai hasilnya merasa lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan