Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Model Perangkat Lunak Swa-Organisasi untuk IoT, Bagian 1/2

7 September 2021   23:43 Diperbarui: 8 September 2021   01:46 100 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Model Perangkat Lunak Swa-Organisasi untuk IoT, Bagian 1/2
IoT. Sumber: IEEE Systems, Man, and Cybernatics, Vol. 7, No. 3, July 2021, hlm. 4-5.

Struktur perangkat lunak kompleks muncul tanpa sebuah pengontrol sentral.

Internet Benda-benda (Internet of Things/IoT) mengenvisikan integrasi objek-objek fisik ke dalam sistem-sistem perangkat lunak untuk mengautomatisasi aspek-aspek krusial dari kehidupan kita, antara lain perawatan kesehatan, keamanan, pertanian, dan manajemen kota.

Meskipun visi itu menjanjikan, dengan kemajuan pesat teknologi perangkat keras dan komunikasi, sistem IoT menjadi semakin dinamis, besar, dan kompleks sehingga manajemen manual menjadi tidak layak. Dengan demikian, sangat penting untuk menyediakan fondasi enjiniring perangkat lunak untuk membangun sistem IoT autonomik.

Artikel ini memperkenalkan paradigma baru yang disebut sebagai model-model perangkat lunak swa-organisasi (self-organizing software models ) di mana sistem perangkat lunak IoT tidak diprogram secara eksplisit tetapi muncul secara terdesentralisasi selama operasi sistem, dengan minimal atau tanpa campur tangan manusia.

Secara khusus ikhtisar akan disajikan dengan memasukkan definisi, motivasi, tantangan penelitian, dan arah potensial model-model ini.

Sistem Perangkat Lunak IoT Autonom
IoT adalah sebuah paradigma terbaru, yang dianggap sebagai Revolusi Industri berikutnya, yang menjanjikan integrasi setiap objek fisik untuk automatisasi masalah penting kehidupan modern kita, antara lain perawatan kesehatan, keamanan, pertanian, dan manajemen kota.

Tidak seperti sistem perusahaan tradisional, sistem IoT bergerak menuju lingkungan yang penuh dengan interaksi kompleks sebagai konsekuensi dari banyaknya jumlah objek yang tersedia di seluruh dunia.

Saat ini terdapat lebih dari 17 miliar objek yang terhubungkan, dan diperkirakan jumlah ini akan meningkat secara eksponensial di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, skalabilitas dan kompleksitas menjadi tantangan yang signifikan untuk realisasi penuh dari IoT.

Kebanyakan penelitian IoT secara ekstensif berfokus pada masalah perangkat keras dan jaringan, sehingga sistem IoT awal beroperasi di lingkungan tertutup dan mengintegrasikan komponen perangkat lunak statis yang relatif sedikit.

Sebaliknya, sistem IoT intensif perangkat lunak di masa depan akan digunakan di lingkungan terbuka (yaitu, ekosistem perangkat lunak) di mana miliaran komponen luar rak (off-the-shelf) akan mengabstraksikan fungsionalitas dari sejumlah besar objek fisik yang terhubungkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan