Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

10 Sumber Protein Nabati

4 September 2021   22:12 Diperbarui: 4 September 2021   22:31 55 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
10 Sumber Protein Nabati
Protein Nabati. Sumber: Eating Well, Special Edition, June 2021, hlm. 36.

Saat Anda sedang mencari makanan berprotein tinggi, pilihan sehat di bawah ini semuanya menghasilkan lebih dari 6 gram protein.

Protein sekarang ini sangat populer. Protein adalah blok bangunan untuk otot serta hormon dan enzim dalam tubuh kita. Bonus kecantikan: protein membantu tubuh kita menumbuhkan rambut dan kuku sehat dan juga membuat kulit terlihat bagus.

Makanan yang tinggi protein sangat mengenyangkan karena nutrisinya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah, seperti halnya karbohidrat sederhana.

Sebagian besar dari kita makan cukup protein, tetapi kita tidak selalu mengatur waktunya dengan tepat. Banyak dari kita makan sebagian besar protein kita saat makan malam dan tidak terlalu banyak saat sarapan dan melalui camilan.

Ditambah lagi, banyak protein vegetarian dan vegan yang luar biasa sering diabaikan ketika orang memikirkan protein. Kami mencoba memilih makanan yang mungkin tidak Anda anggap sebagai "protein" untuk menunjukkan betapa mudahnya mengkonsumsi lebih banyak protein.

1. Kedelai Hitam
1/2 cangkir = 8 gram protein.
Kedelai hitam, atau kedelai apa pun, sungguh sering diabaikan sebagai sumber protein. Tetapi apakah Anda menggunakannya sebagai isian taco, mengaduknya ke dalam sup atau saus, kedelai hitam adalah sumber protein yang bagus.

Setengah cangkir lentil yang dimasak memiliki 9 gram protein, dan buncis dan kacang merah tidak jauh di belakang. Kedelai menawarkan satu-dua serat protein, dan karena sebagian besar dari kita tidak makan cukup serat, makan lebih banyak kedelai hitam adalah tempat yang baik untuk memulai. Cobalah juga buncis panggang kering untuk mendapatkan protein Anda saat bepergian.

2. Tahu
85 gram = 8 gram protein
Tahu adalah protein pembangkit tenaga vegan dan vegetarian. Jika Anda merasa tidak suka tahu, mungkin Anda belum mengolahnya dengan cara yang benar. Tahu adalah sumber protein serbaguna, seperti halnya daging ayam. Tahu sutra sangat enak dan lembut, dan tahu bisa menambahkan protein ke tumisan dan sup.

3. Keju Cheddar
85 gram = 6,5 gram protein.
Kandungan protein 85 gram keju Cheddar hanya setara dengan sebutir telur. Keju Cheddar mendapat reputasi buruk karena mengandung lemak jenuh dan Natrium yang tinggi, tetapi ternyata keju Cheddar lebih sehat dari yang kita kira. Keju Cheddar sendiri bisa dijadikan camilan.

4. Almond
1/4 cangkir = 7 gram protein.
Almond telah dihindari karena tinggi lemak, tapi lemak itu adalah jenis yang menyehatkan jantung Anda dan membantu Anda tetap kenyang, dan kacang Almond juga kaya akan protein. Cobalah irisan almond di atas salad Anda, atau olesi mentega kacang Almond di atas roti panggang Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan