Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Update Teknologi: Pembangkit Listrik Bereaktor Fusi Pertama di Dunia

24 Agustus 2021   05:59 Diperbarui: 24 Agustus 2021   06:03 94 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Update Teknologi: Pembangkit Listrik Bereaktor Fusi Pertama di Dunia
ITER. Diadaptasi dari: Popular Mechanics, South Africa, September/October 2021, hlm. 18.

ITER dengan basis kriostat seberat 1.400 ton diturunkan ke dalam lubang reaktor tokamak.

Artikel ini saya tujukan untuk para peminat sains, dengan informasi terbaru dari majalah Popular Mechanics edisi Afrika Selatan, Oktober - November 2021. Ini adalah artikel pertama saya dengan konten perkembangan teknologi yang paling baru, yaitu reaktor fusi.

Sejak dulu saya sangat gemar membaca Popular Mechanics, bahkan mengoleksi versi e-booknya mulai dari edisi 1904.

Yang dimaksud dengan fusi dalam judul artikel ini tentunya adalah fusi nuklir yang dipelajari dalam Fisika Nuklir. Fusi nuklir adalah reaksi di mana 2 atau lebih nukleus atom bergabung membentuk 1 atau lebih nukleus atom yang berbeda, plus partikel subatomik (netron atau proton).

Perbedaan massa antara reaktan dan hasil reaksi fusi dimanifestasikan sebagai pelepasan atau penyerapan energi. Perbedaan massa itu timbul karena adanya perbedaan energi ikat atom di antara nukleus-nukleus sebelum dan sesudah reaksi. Kebalikan fusi adalah fisi.

Unsur-unsur kimia yang digunakan dalam reaksi fusi nuklir tentunya adalah unsur-unsur radioatif, lihat unusr-unsur terkait dalam artikel saya: e-Library Kompasiana: Tabel Periodik.

Fusi nuklir telah ada selama beberapa dekade, tetapi sekarang, masa depan yang telah lama dijanjikan akan segera tiba. Dengan puluhan miliar dolar yang dipertaruhkan, Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional (International Thermonuclear Experimental Reactor/ITER) hampir siap untuk dinyalakan, 35 tahun setelah para pemimpin dunia, termasuk Ronald Reagan dan Mikhail Gorbachev, mengusulkan sebuah kerjasama internasional.

Tokamak (sebuah reaktor plasma) eksperimental di mana sebuah plasma bermuatan yang sangat panas menciptakan kondisi yang diperlukan bagi atom-atom untuk berfusi dan melepaskan energi dalam jumlah besar, adalah salah satu dari segelintir 'matahari mini' yang sangat mahal yang sedang dikembangkan di seluruh dunia. 

Tokamak bisa dikatakan sebagai penentu arah untuk fusi swasembada, mengingat bahwa 7 negara telah berbagi biaya tinggi yang diinvestasikan untuk keberhasilan tokamak.

Selama ini, para enjinir telah mendesain dan membuat rencana 1 juta komponen yang dibutuhkan untuk reaktor itu. Pada Mei 2020, mereka akhirnya memasang bagian permanen pertama di rekator di kampus Provence, Prancis, sebuah basis baja untuk cangkang luar reaktor, yang membutuhkan waktu 10 tahun untuk menempa dan mengelasnya.

Bagian ini adalah fondasi untuk "termos raksasa" atau kriostat, yang menahan reaktor dan menampung panasnya. Kriostat akan dibuat dari 54 bagian yang digabungkan menjadi 4 bagian utama, dan beratnya lebih dari 3.800 ton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan