Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Sains Santai: Fisika dalam Kimia, Materi dan Gerak

19 Agustus 2021   12:26 Diperbarui: 19 Agustus 2021   12:42 213 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sains Santai: Fisika dalam Kimia, Materi dan Gerak
Pusat pendidikan sains. Sumber: https://slidesgo.com/theme/science-education-center

Kali ini saya ingin mengajak adik-adik pembelajar dan para peminat sains untuk melakukan pembahasan tentang sains dengan sangat santai.

Kimia adalah salah satu dari ilmu-ilmu sains yang mempelajari tentang dunia di sekitar kita dengan beranekaragam bentuk dan fenomena yang terjadi di dalamnya. Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan zat, komposisi dan struktur zat, bagaimana sifat zat bergantung pada komposisi dan strukturnya, dan kondisi dan cara zat berubah menjadi zat lain.

Di alam, seluruh dunia eksis secara objektif di luar dan terlepas dari kesadaran manusia. Dunia bersifat material, segala sesuatu yang eksis memiliki satu bentuk atau bentuk lain dari materi yang selalu dalam keadaan bergerak, berubah, dan berkembang.

Dengan fisika kita mempelajari gerak sebagai perubahan yang konstan, yang mencirikan materi secara keseluruhan maupun masing-masing partikel terkecil dari materi.

Ada beraneka ragam bentuk gerak materi. Pemanasan dan pendinginan, emisi cahaya, arus listrik, transformasi kimia, dan proses-proses kehidupan adalah semua bentuk gerak materi yang berbeda.

Gerak materi bisa berubah dari satu bentuk menjadi bentuk yang lain, misalnya gerak mekanik bisa berubah menjadi gerak termal, kemudian menjadi gerak kimia, dan gerak kimia bisa berubah menjadi gerak listrik.

Transformasi ini merupakan kesatuan dan hubungan yang berkesinambungan di antara berbagai bentuk gerak secara kualitatif.

Terlepas dari semua cara yang beragam di mana berbagai bentuk gerak bisa berubah menjadi bentuk gerak yang lain, sebuah hukum alam yang fundamental, yaitu kekekalan materi dan geraknya, diamati secara akurat.

Hukum ini mengatur semua jenis materi dan semua bentuk geraknya, tidak ada jenis materi dan tidak ada bentuk gerak yang bisa dihasilkan dari ketiadaan atau diubah menjadi ketiadaan. Ini ditegaskan oleh seluruh pengalaman sains yang telah berusia berabad-abad.

Masing-masing gerak materi dipelajari dengan perspektif fisika, kimia, biologi, dan cabang-cabang sains lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan