Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 74 (Cairan): Mengangkat Kapal Sadko ke Permukaan

12 Agustus 2021   20:09 Diperbarui: 12 Agustus 2021   20:19 61 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 74 (Cairan): Mengangkat Kapal Sadko ke Permukaan
Sadko. Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Brand_Soviet_icebreaker_Sadko_1977.jpg

Perangko Soviet terbitan 1977 dengan lukisan kapal pemecah es Sadko.  

Artikel topik Cairan dari Fisika untuk Hiburan kali ini mengulas tentang bagaimana sebuah kapal pemecah es yang besar, Sadko, yang diangkat ke permukaan laut setelah tenggelam selama 17 tahun.

Catatan:
Tentang pemecah es, lihat artikel saya: Fisika untuk Hiburan 11 (Cairan): Cara Kerja Pemecah Es.

April lalu kita dikejutkan dengan berita duka tentang KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam dan awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur. Kapal selam buatan Jerman tersebut dilaporkan hilang kontak pada Rabu, 22 April 2021 dini hari saat melakukan latihan di perairan utara Pulau Bali.

Sadko. Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:PSKR-Sadko(DN-SC-92-01837).jpg
Sadko. Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:PSKR-Sadko(DN-SC-92-01837).jpg

Sadko adalah kapal pemecah es Soviet dengan bobot 3.800 ton. Sadko dibangun di Newcastle upon Tyne (Inggris) pada 1912. Panjang kapal adalah 78 meter dan lebarnya 11,4 meter. Kapal tersebut awalnya dibangun untuk Reid Newfoundland Company untuk layanan feri di Newfoundland dan merupakan bagian dari Armada Alfabet dan diberi nama Lintrose. Sadko dijual ke Pemerintah Rusia pada 1915. Pada 1916, Sadko tenggelam di Teluk Kandalaksha dengan muatan untuk pembangunan jalur kereta api Kandalaksha-Murmansk.

Pada 1932, Sadko diselamatkan oleh tim EPRON, dan pada 9 Juli 1934 melakukan perjalanan uji coba sekali lagi.

Kata Perelman:
Setiap tahun, terutama pada masa perang, ribuan kapal, besar dan kecil, tenggelam. Dalam 20 hingga 30 tahun terakhir, badan dan bagian-bagian yang bisa diakses dari kapal yang  berharga ini telah diapungkan.

Enjinir dan penyelam Soviet dari Administrasi Pekerjaan Bawah Air Tujuan Khusus telah mendapat ketenaran dunia karena berhasil mengangkat lebih dari 150 kapal besar, yang terbesar di antaranya adalah pemecah es Sadko, yang tenggelam pada 1916 di Laut Putih karena kelalaian nakhodanya (lihat uraian di atas).

Setelah 17 tahun berada di dasar laut, kapal yang bagus ini diangkat dan diapungkan kembali ke permukaan laut. Teknik ini sepenuhnya didasarkan pada aturan Archimedes.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan