Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 69 (Gravitasi): Melompat dari Mobil yang Bergerak

11 Agustus 2021   12:56 Diperbarui: 11 Agustus 2021   13:06 163 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 69 (Gravitasi): Melompat dari Mobil yang Bergerak
Melompat dari mobil yang bergerak. Sumber: https://www.mrporter.com/en-us/journal/lifestyle/how-to-escape-from-a-moving-car-707094

Inersia atau kelembaman adalah resistansi benda fisik apa pun terhadap perubahan kecepatannya. Ini termasuk perubahan kecepatan atau arah gerak benda itu. Salah satu aspek dari inersia adalah kecenderungan benda untuk terus bergerak dalam garis lurus dengan kecepatan konstan, ketika tidak ada gaya yang bekerja padanya.

Inersia berasal dari kata Latin iners, yang berarti diam atau lembam. Inersia adalah salah satu manifestasi utama massa, yang merupakan sifat kuantitatif dari sistem fisika.

Sebelum hukum pertamanya, Isaac Newton mendefinisikan inersia sebagai gaya dalam Philosophi Naturalis Principia Mathematica yang monumental, yang berbunyi:
DEFINISI III. Vis insita, atau kekuatan bawaan dari materi, adalah kekuatan resistansi atau perlawanan yang dengannya setiap benda, sebanyak kandungannya, berusaha untuk bertahan dalam keadaannya yang sekarang, apakah itu istirahat atau bergerak maju secara seragam dalam sebuah garis lurus.

Dalam ilmu kimia, kata "inert" digunakan untuk zat-zat yang tidak reak, misalnya gas mulia, lihat artikel saya: Golongan Gas Mulia (Golongan 18).

Jika ditanya tentang bagaimana cara melompat dari sebuah mobil yang sedang bergerak, kebanyakan orang pasti akan mengatakan bahwa seseorang harus melompat ke depan, ke arah mana mobil berjalan, sesuai dengan hukum inersia.

Tetapi apa hubungan inersia dengan itu semua? Siapa pun yang mendapat pertanyaan ini akan segera menemukan dirinya dalam kebingungan, karena menurut inersia seseorang harus melakukan yang sebaliknya, yaitu melompat mundur, berlawanan dengan arah gerak.

Sebenarnya inersia bukan yang paling penting dalam hal ini. Jika kita bisa melihat alasan utama mengapa seseorang harus melompat ke depan itu tidak ada hubungannya dengan inersia, maka kita akan berpikir bahwa kita harus melompat ke belakang, bukan ke depan.

Misalkan Anda harus melompat dari mobil yang sedang bergerak. Apa yang terjadi?

Ketika Anda melompat, tubuh Anda memiliki kecepatan yang sama dengan mobil itu sendiri karena inersia,  dan cenderung bergerak maju. Dengan melompat ke depan, Anda bukan mengurangi kecepatan ini, malah sebaliknya Anda meningkatkan kecepatan.

Jadi, Anda harus kita melompat mundur, karena kecepatan yang diberikan akan dikurangi dari kecepatan yang dimiliki tubuh kita oleh inersia, dan karenanya, saat menyentuh tanah, tubuh kita akan memiliki lebih sedikit dampak akibat jatuh.

Tetapi, ketika seseorang melompat dari mobil yang sedang bergerak, dia selalu melompat ke depan sesuai dengan arah gerak mobil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan