Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 68 (Cairan): Jam Perpetual

11 Agustus 2021   11:36 Diperbarui: 11 Agustus 2021   11:55 53 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 68 (Cairan): Jam Perpetual
Barometer Merkuri. Sumber: https://www.flickr.com/photos/pavdw/28315841049

Seperti yang saya jelaskan dalam artikel: Fisika untuk Hiburan 19 (Cairan): Mesin Perpetual Palsu, gerak perpetual (gerak abadi atau terus menerus) adalah gerak benda yang berlangsung selamanya dalam sistem yang tidak terganggu (unperturbed system), dan karena tidak ada sistem seperti itu, maka saya katakan (pendapat saya) bahwa gerak perpetual, yang bisa dilihat dari sebuah pendulum Newton, adalah "berbatas waktu." Jadi berusaha untuk menciptakan sebuah mesin perpetual merupakan hal yang sia-sia.

Sekarang kita lihat satu lagi topik Cairan (kadang-kadang juga termasuk Gas) dalam Fisika untuk Hiburan yang meninjau tentang jam perpetual.

Ada sebuah mesin "berdaya bawaan," karena bisa bekerja tanpa batas waktu tanpa campur tangan manusia, mengambil daya geraknya dari sumber energi yang tak habis-habisnya di alam.

Setiap orang kemungkinan besar pernah melihat barometer, baik yang Merkuri maupun aneroid.

Pada barometer Merkuri, Merkuri naik atau turun tergantung pada perubahan tekanan atmosfer. Tekanan atmosfer ini juga yang menyebabkan panah dalam barometer aneroid berayun.

Jam Amerika. Sumber: https://id.pinterest.com/pin/390616967652538586/
Jam Amerika. Sumber: https://id.pinterest.com/pin/390616967652538586/

Jam ini menggunakan regulator presisi dengan bandul Merkuri, kr. 1870-1900. Dimensi  Panjang 78" x Lebar 30.5" x Tebal 10.5".

Seorang inventor abad ke-18 memanfaatkan pengaturan ini untuk membuat sebuah jam berpemuntir otomatis yang tidak akan pernah berhenti.

Mesin
Mesin "berdaya bawaan" abad ke-18. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 1, hlm. 104.

James Ferguson* melihat jam ini pada 1774 dan ini adalah bagaimana Ferguson menguraikan tentang jam itu:
"Saya melihat jam yang dibuat untuk berjalan tanpa henti melalui Merkuri yang naik dan turun tanpa henti dalam barometer yang diatur secara aneh. Tak ada alasan untuk berpikir bahwa jam itu akan berhenti karena daya gerak yang terakumulasi sudah cukup untuk membuatnya berjalan selama satu tahun, bahkan jika barometer itu dipindahkan. Saya harus mengatakan bahwa jam yang saya periksa secara rinci itu adalah mekanisme terpintar yang pernah saya lihat, baik dalam desain maupun kerjanya."

*James Ferguson (1710-1776) adalah seorang mekanik dan astronom Skotlandia yang terkenal. Ferguson dikenal sebagai penemu dan penyempurna astronomi dan perangkat ilmiah lainnya, juga seorang pembelajar mandiri dan dosen keliling.

Sayangnya jam itu kemudian dicuri dan tidak ada orang yang tahu apa yang terjadi. Untunglah Ferguson sempat membuat beberapa gambar jam itu, sehingga bisa direproduksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan