Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 47 (Cahaya): Membuat Benda Tidak Kasat Mata

5 Agustus 2021   06:31 Diperbarui: 5 Agustus 2021   09:24 109 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 47 (Cahaya): Membuat Benda Tidak Kasat Mata
Ilustrasi Manusia Tidak Kasat Mata. Sumber: https: api.time.com

Walaupun membahas tentang hal selain dari yang diungkapkan dalam artikel saya: Fisika untuk Hiburan 46 (Cahaya): Manusia Tidak Kasat Mata, artikel ini juga berisi kelanjutan dari kisah Griffin si Manusia Tidak Kasat Mata dari novel The Invisible Man karya H.G. 

Wells pada 1897, yaitu tentang bagaimana Griffin menyalahgunakan kekuatan yang diperolehnya dengan membuat dirinya tidak kasat mata dan meneror semua penduduk di kota tempat dia tinggal.

Mengiringi kelanjutan kisah Griifin, dalam artikel ini juga disajikan bagaimana cara membuat benda yang tidak kasat mata, yang merupakan topik Cahaya dari Fisika untuk Hiburan.

Kita bisa membuat sebuah benda yang benar-benar tidak kasat mata jika kita mengelilingi semua sisinya dengan dinding yang mampu menyebarkan cahaya secara seragam.

Melalui bukaan (aperture) sisi sempit, mata kita kemudian akan menerima jumlah cahaya yang sama dari setiap titik pada benda itu. Benda itu akan menghilang karena tidak memiliki kilauan maupun bayangan.

Batang pengaduk tidak kasat mata. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 191. 
Batang pengaduk tidak kasat mata. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 191. 

Begini cara melakukannya:
Buat corong dari karton putih berdiameter setengah meter dan pasang seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, agak jauh dari bola lampu 25 Watt.

Kemudian, dari bawah, melalui ujung corong yang sempit, selipkan sebuah batang pengaduk dengan posisi tetap vertikal, karena penyimpangan sekecil apa pun dari posisi vertikal akan membuat batang pengaduk itu tampak seperti bayangan tipis gelap dengan lingkaran cahaya atau seperti pensil cahaya dengan bingkai bayangan, yang saling bergantian jika batang pengaduk itu dimiringkan sedikit.  

Dengan coba-coba, buat cahaya jatuh secara merata pada batang pengaduk. Kemudian, lihat batang pengaduk melalui bukaan sisi sempit dengan diameter tidak lebih dari 1 cm, batang pengaduk itu akan menghilang. Batang pengaduk dari kaca itu sama sekali tidak kasat mata, walaupun keterbiasan atau refraktivitasnya sangat berbeda dari udara.

Cara lain untuk membuat sekeping kaca yang dipotong dengan pisau berlian menjadi tidak kasat mata adalah dengan menempatkan kaca itu di dalam kotak yang di bagian dalamnya dilapisi dengan cat tembus pandang.

Kekuatan Tidak Kasat Mata
H.G. Wells mendemonstrasikan dengan kecerdasan dan logika yang luar biasa bahwa manusia yang tidak kasat mata memperoleh kekuatan yang hampir tak terbatas.

Dia dapat memasuki tempat mana pun tanpa disadari dan mencuri apa pun dengan bebas. Sulit dipahami, berkat invinsibilitas ini, dia berhasil melawan seluruh kerumunan orang bersenjata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN