Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 27 (Elektromagnetika): Bagaimana Baja Dimagnetisasi?

1 Agustus 2021   13:23 Diperbarui: 1 Agustus 2021   15:42 77 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 27 (Elektromagnetika): Bagaimana Baja Dimagnetisasi?
Elektromagnet pada derek mengangkat logam di langsiran besi bekas. Sumber: alamy.com

Untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan ini, pertama-tama kita harus memahami perbedaan antara magnet dan batangan baja non-magnetik. Setiap atom besi dalam sebatang baja, entah dimagnetisasi atau tidak, bisa dibayangkan sebagai sebuah magnet kecil.

Magnet-magnet atom besi. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 160.
Magnet-magnet atom besi. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 160.

A: Disposisi magnet-magnet atom dalam baja yang tidak termagnetisasi. B: Disposisi magnet-magnet atom dalam baja termagnetisasi. C: Efek kutub magnet pada magnet-magnet atom dari baja termagnetisasi. N = kutub utara, S = kutub selatan.

Dalam keadaan non-magnetik, magnet-magnet kecil ini diorientasikan secara acak, dengan kutub-kutub yang saling menetralkan (lihat gambar A di atas). Sebaliknya, dalam magnet, semua unit magnet kecil ditempatkan dalam pola yang teratur di mana kutub-kutub sejenis diatur ke arah yang sama (lihat gambar B di atas).

Sekarang apa yang terjadi pada sebatang baja ketika dimagnetisasi? Gaya tarik magnet menyebabkan partikel-partikel magnet pada batangan baja sejajar dengan kutub selatan atau kutub utara dengan satu arah yang sama (lihat ilustrasi grafis yang tepat pada gambar C di atas).

Mula-mula magnet-magnet kecil berayun melingkar dengan kutub selatan yang mengarah ke kutub utara magnet, kemudian, ketika bergerak lebih jauh, magnet-magnet kecil itu mengarahkan diri ke arah gerakannya, dengan kutub selatan yang membelok ke arah dalam. Itulah cara memagnetisasi baja dengan menggunakan magnet.

Satu kutub magnet harus ditempatkan pada ujung sebatang baja dan, dengan menekan, memindahkan kutub itu  ke ujung yang lain.

Ini adalah salah satu cara magnetisasi baja yang paling sederhana dan paling tua, yang hanya cocok untuk memperoleh magnet yang kecil dan lemah. Magnet yang kuat diperoleh dengan memanfaatkan sifat-sifat arus listrik.

Elektromagent Raksasa. Sumber
Elektromagent Raksasa. Sumber

Elektromagent Raksasa
Di pabrik besi dan baja, Anda mungkin melihat derek elektromagnetik yang mengangkat beban besar. Derek memberikan manfaat yang tak ternilai, karena tanpa perlengkapan tambahan, derek bisa mengangkat dan mengangkut potongan besar besi atau bagian mesin dengan berat puluhan ton.

Derek juga bisa membawa besi lembaran, kawat, paku, potongan logam dan bahan lainnya yang belum maupun sudah dikemas atau dimasukkan ke dalam peti, yang akan membutuhkan banyak waktu dan energi jika diangkut dengan cara lain.

Derek elektromagnetik. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 161.
Derek elektromagnetik. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 161.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan