Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 26 (Gaya, Usaha, Friksi): Archimedes Mengangkat Bumi

31 Juli 2021   22:41 Diperbarui: 31 Juli 2021   23:08 122 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 26 (Gaya, Usaha, Friksi): Archimedes Mengangkat Bumi
Archimedes mengangkat bumi. Sumber: youtube/QuaQuark

30.000 miliar tahun adalah waktu yang dibutuhkan oleh Archimedes untuk mengangkat bumi.

Archimedes dari Syracuse (c. 287-c. 212 SM) adalah seorang matematikawan, fisikawan, enjinir, penemu, dan ahli astronomi Yunani. Meskipun kisah hidup Archimedes hanya sedikit diketahui, dia dianggap sebagai salah seorang ilmuwan terkemuka di zaman klasik.

Archimedes dianggap sebagai matematikawan terbesar dalam sejarah kuno, dan salah seorang matematikawan yang terbesar sepanjang masa.

Archimedes mengantisipasi kalkulus dan analisis modern dengan menerapkan konsep bilangan kecil tak terhingga dan metode yang panjang lebar untuk menurunkan dan membuktikan secara ketat berbagai teorema, antara lain: luas lingkaran, luas permukaan dan volume bola, luas elips, luas di bawah parabola, volume segmen paraboloid dan hiperboloid putar, dan luas spiral.

Archimedes sang jenius zaman kuno itu juga menemukan hukum tuas. Di antara ucapan yang sangat terkenal dari Archimedes adalah:  "Beri aku sebuah titik topang atau tempat berdiri dan aku akan mengangkat bumi!"

Kata Plutarch, "Archimedes pernah menulis kepada Raja Geiron dari Syracuse, sanak saudara dan teman Archimedes, bahwa gaya ini bisa digunakan untuk mengangkat beban seberat apa pun. Terpengaruh oleh kekuatan argumen itu, Archimedes menambahkan bahwa, jika ada bumi lain, dia akan pergi ke sana dan mengangkat planet kita sendiri dari sana."

Archimedes tahu bahwa gaya terlemah sekali pun bisa mengangkat beban terberat dengan menggunakan tuas. Seseorang hanya perlu menerapkan gaya itu ke lengan tuas yang lebih panjang dan membuat lengan yang lebih pendek bekerja pada beban.

Oleh karena itu Archimedes berpikir bahwa dengan menekankan tangannya pada lengan tuas yang sangat panjang itu dia akan bisa mengangkat beban, yang bahkan massanya setara dengan massa Bumi.

Archimedes mengangkat bumi. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 36.
Archimedes mengangkat bumi. Sumber: buku Physics for Entertainment, Book 2, hlm. 36.

Jika cendekiawan besar zaman kuno ini mengetahui betapa besarnya massa yang dimiliki bumi, kemungkinan besar dia tidak akan berkata demikian. Bayangkan sejenak bahwa Archimedes memiliki "bumi lain" sebagai titik topang yang dia cari. Bayangkan lebih jauh bahwa dia bahkan mampu membuat tuas dengan panjang yang dibutuhkan.

Apakah Anda bisa menebak waktu yang dibutuhkannya untuk mengangkat beban yang setara dengan massa bumi itu, setidaknya setinggi 1 cm? 30.000.000.000.000 tahun (tiga puluh triliun tahun*)!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan