Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 11 (Cairan): Cara Kerja Pemecah Es

27 Juli 2021   16:15 Diperbarui: 27 Juli 2021   16:37 77 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 11 (Cairan): Cara Kerja Pemecah Es
Arktika, pemecah es terbesar di dunia yang masih operasional. Sumber:https://inteng-storage.s3.amazonaws.com/img/iea/zDOZ3v03Gk/sizes/icebreakers-arktika_resize_md.jpg

Pada awal 2020, Arktika menyelesaikan pelayaran perdananya di Arktik. Arktika  adalah kapal pemecah es dengan panjang lebih dari 173 meter, lebar 34 meter, dan diklaim mampu menembus lapisan es setebal 2,8 meter. Menurut beberapa sumber, selama dekade berikutnya, Rusia berencana membuat armada 13 kapal atau lebih yang serupa dengan Arktika.  

Arktika ditenagai oleh pembangkit listrik tenaga nuklir RITM-200 reaktor kembar dengan kapasitas 175 MW. Kecepatan jelajahnya 22 knot.

Pemecah es  CCGS Louis S. St-Laurent. Sumber: https://inteng-storage.s3.amazonaws.com/img/iea/zDOZ3v03Gk/sizes/icebreakers-laurent_resize_md.jpg
Pemecah es  CCGS Louis S. St-Laurent. Sumber: https://inteng-storage.s3.amazonaws.com/img/iea/zDOZ3v03Gk/sizes/icebreakers-laurent_resize_md.jpg

Pemecah Es
Kapal pemecah es disebut "pemecah es" karena kapal ini khusus dirancang untuk menembus es laut. Pemecah es memiliki lambung dan haluan bertulang yang dirancang khusus untuk menembus es laut yang paling tebal dengan mudah.

Pemecah es sangat penting untuk membuka jalur yang biasanya tidak ramah bagi kapal lain, melalui perairan yang tertutup es, sehingga perairan itu bisa dilayari. Ini terutama terjadi di daerah kutub, di mana es laut tetap menjadi masalah.

Agar bisa menjadi pemecah es, sebuah kapal harus memiliki 3 sifat yang cenderung tidak dimiliki kapal normal, yaitu:
1. Lambung yang diperkuat, terutama di haluan. Lambung kapal juga biasanya disekat untuk mengantisipasi jika terlubangi.
2. Lebih lebar di haluan (depan) daripada buritan (belakang) untuk membuka saluran lebar di belakang. Haluan tajam dan sangat diperkuat, dan biasanya melengkung ke atas untuk memungkinkan kapal "naik" di atas lapisan es dan menggunakan bobotnya untuk membantu memecahkan es.
3. Daya yang dibutuhkan untuk mendorong melalui bongkahan es laut.

Pemecah es biasanya didukung oleh campuran tenaga diesel-listrik atau nuklir.

Coba lakukan eksperimen berikut di dalam bak mandi. Sebelum keluar dari bak mandi, tetap tengkurap sebentar. Semakin banyak bagian tubuh Anda yang keluar dari air, Anda merasa semakin berat.

Ini adalah ilustrasi paling grafis yang menunjukkan bagaimana Anda mendapatkan kembali berat badan yang berkurang di dalam air. Ingat betapa Anda merasa lebih ringan di dalam bak mandi ketika bak mandi itu penuh.

Ketika seekor paus tanpa sadar mengalami hal seperti itu, terdampar di perairan dangkal saat air pasang, konsekuensinya fatal. Paus itu diremukkan sampai mati oleh beratnya yang sangat besar. Tidak heran jika paus hanya bisa hidup di dalam air. Daya apung menyelamatkan paus dari efek gravitasi yang mematikan.

Pemecah es RV Polarstern. Sumber: https://inteng-storage.s3.amazonaws.com/img/iea/zDOZ3v03Gk/sizes/icebreakers-polarstern_resize_md.jpg
Pemecah es RV Polarstern. Sumber: https://inteng-storage.s3.amazonaws.com/img/iea/zDOZ3v03Gk/sizes/icebreakers-polarstern_resize_md.jpg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN