Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 6 (Panas): Apakah Air Mendidih Selalu Panas?

26 Juli 2021   15:08 Diperbarui: 26 Juli 2021   15:18 134 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 6 (Panas): Apakah Air Mendidih Selalu Panas?
Pulau buatan le Feydeau, sekitar waktu kelahiran Verne. Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Jules_Verne#/

Dalam artikel ini kita akan mengupas tentang topik panas (heat), dengan pertanyaan apakah air mendidih selalu panas?

Tentunya penjelasan tentang hal ini berkaitan dengan Teori Kinetika tentang gas ideal, dengan rumus Hukum Gas Ideal: pV = nRT, yang menunjukkan bahwa temperatur berbanding lurus dengan tekanan. Seperti biasanya, fisika untuk hiburan akan memberikan penjelasan yang seminimal mungkin melibatkan rumus-rumus.

Perelman mengawali topik ini dengan mengisahkan tentang salah seorang tokoh dalam novel Jules Verne, dan saya pikir sebaiknya saya memberikan introduksinya.

Jules Verne
Jules Gabriel Verne (8 Februari 1828-24 Maret 1905) adalah seorang novelis, penyair, dan penulis naskah Prancis. Kolaborasinya dengan penerbit Pierre-Jules Hetzel mengarah pada penciptaan Voyages Extraordinaires (Perjalanan Menakjubkan), kumpulan dari 54 novel yang diterbitkan antara 1863 dan 1905, serangkaian novel petualangan terlaris termasuk Journey to the Center of the Earth (Perjalanan ke Pusat Bumi), Twenty Thousand Leagues Under the Seas (Dua Puluh Ribu Liga di Bawah Laut), dan Around the World in Eighty Days (Keliling Dunia dalam Delapan Puluh Hari).

Novel-novel Verne selalu didokumentasikan dengan sangat baik, umumnya berlatar paruh ke-2 abad ke-19, dengan mencakupkan kemajuan teknologi saat itu. Karya Verne telah diadaptasi untuk televisi dan film sejak awal perfilman, serta untuk buku komik, teater, opera, musik dan video game.

Verne dianggap sebagai penulis penting di Prancis dan sebagian besar Eropa, di mana dia memiliki pengaruh luas pada avant-garde (garda depan) sastra dan surealisme. Sejak 1980-an, reputasi sastra Verne meningkat, dan Verne telah menjadi penulis kedua yang karyanya paling banyak diterjemahkan di dunia sejak 1979, peringkat antara Agatha Christie dan William Shakespeare.

Verne kadang-kadang disebut "Bapak Fiksi Ilmiah," gelar yang juga diberikan kepada H.G. Wells dan Hugo Gernsback.

Apakah Air Mendidih Selalu Panas? dalam novel Hector Servadac. Sumber: https://www.decitre.fr/
Apakah Air Mendidih Selalu Panas? dalam novel Hector Servadac. Sumber: https://www.decitre.fr/

Hector Servadac
Sebuah novel fiksi ilmiah 1877 karya Verne diberi judul Off on a Comet (Prancis: Hector Servadac). Cerita dimulai dengan sebuah komet yang disebut Gallia, yang menabrak bumi dalam penerbangannya.

Catatan:
Ini menarik, Gallia adalah kata Latin yang mengacu pada negeri kuno Gaul, cikal bakal Prancis, yang menjadi asal usul kata Galium, lihat artikel saya: Galium yang Tidak Toksik dan Ramah Lingkungan.

Dikisahkan bahwa sang batman pemberani Ben Zoof, ajudan Kapten Hector Servadac, sangat yakin bahwa air mendidih akan selalu sangat panas di mana pun air itu direbus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan