Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Tantalum dalam Pengobatan Tumor Mata

19 Juli 2021   08:30 Diperbarui: 19 Juli 2021   08:29 139 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantalum dalam Pengobatan Tumor Mata
Tumor mata. Sumber: buku How It Works - Book of the Elements, hlm. 56.

Citra retina manusia dengan diagram data dihamparkan. Sebuah tumor, digariskan dengan warna merah, harus ditangani dengan sinar proton. Kabel Tantalum yang halus dan tahan korosi, yang akan ditempatkan pada titik-titik yang ditunjukkan oleh lingkaran merah muda kecil, akan membantu mengarahkan sinar proton dan menghantarkan muatan listrik yang dihasilkan.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Dalam tabel periodik, golongan 5 memiliki 4 unsur, yaitu Vanadium (V), Niobium (Nb), Tantalum (Ta) dengan nomor atom 73, dan unsur radioaktif Dubnium (Db). Titanium telah saya bahas dalam artikel: Vanadium dan Krom dalam Banyak Perkakas Tangan dan Niobium (Nb) dalam artikel: Niobium Bahan Utama Modul Komando Bulan Roket Apollo. Niobium sangat mirip dengan logam Tantalum dan hampir selalu ditemukan bersama, sehingga keduanya secara keliru dianggap sebagai unsur yang sama selama hampir 40 tahun.

Kimiawan Swedia Anders Ekeberg memilih nama itu setelah menemukan unsur Tantalum pada 1802, karena oksida Tantalum tidak akan bereaksi dengan asam, bahkan sejumlah besar asam yang sangat kuat, tidak seperti senyawa kebanyakan logam lainnya.

Sumber dan penggunaan Tantalum. Diadaptasi dari: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 88.
Sumber dan penggunaan Tantalum. Diadaptasi dari: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 88.
Tantalum adalah logam keras yang dinamakan berdasarkan nama Tantalus, seorang pria dari mitologi Yunani yang dihukum oleh para dewa. Hukuman yang diberikan karena Tantalus mengorbankan putranya adalah berdiri di sebuah danau di dunia bawah. Tantalus dikelilingi air tetapi tidak bisa minum.

Catatan:
1. Hal yang menarik adalah nama Tantalus diturunkan ke bahasa Inggris menjadi kata "tantalize" ("menggoda" atau "memancing dengan sesuatu yang tidak bisa diraih").
2. Tantalus adalah ayah dari dewi Yunani Niobe, asal nama unsur Niobium.
3. Sendi buatan dari bahan Titanium: Titanium, Penyusun 15 Persen Berat Pesawat Boeing 787, Kobalt: Kobalt dalam Sendi Panggul Buatan.

Tantalum diekstraksi dari mineral langka yang disebut Tantalite.

Logam keras ini tidak berbahaya bagi tubuh manusia, sehingga digunakan untuk membuat sendi buatan dan implan tubuh lainnya.
Bubuk Tantalum digunakan dalam kapasitor, perangkat yang digunakan dalam sirkuit elektronik untuk menyimpan arus listrik.

Logam yang kuat ini menguatkan jam tangan yang terbuat dari logam mulia yang lebih lembut.

Sama seperti Titanium, Tantalum juga digunakan untuk membuat bilah turbin yang kuat dan tidak menimbulkan korosi, lihat artikel saya: Titanium, Penyusun 15 Persen Berat Pesawat Boeing 787.

Dikombinasikan dengan kekuatannya, kelembaman Tantalum membuatnya ideal dalam pembuatan bejana dan pipa di industri farmasi dan makanan.

Bentuk unsur murni Tantalum pertama kali diproduksi pada 1903. Warnanya abu-abu perak, tetapi dengan semburat kebiruan, memiliki titik leleh tertinggi ke-5 dan titik didih tertinggi ke-3 dari unsur apa pun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x