Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

6 Unsur Utama Tubuh Manusia

20 Juni 2021   17:48 Diperbarui: 20 Juni 2021   17:57 167 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Unsur Utama Tubuh Manusia
shutterstock.com

Dalam artikel: Kisah di Balik Tabel Periodik, saya menyebutkan bahwa sekitar 99% tubuh manusia terbuat dari hanya 6 unsur yang membentuk ribuan senyawa yang berbeda. Sekarang mari kita lihat apa 6 unsur utama itu.

Tubuh Manusia, diolah dari berbagai sumber, 20 Juni 2021.
Tubuh Manusia, diolah dari berbagai sumber, 20 Juni 2021.
Sebelum saya menguraikan tentang 6 unsur utama, saya ingin memberi contoh dari unsur lain yang membentuk 1% tubuh manusia, yaitu zat besi atau Ferrum (Fe). Tubuh manusia dewasa biasanya mengandung sekitar 4 gram Fe yang  lebih dari setengahnya terikat pada hemoglobin.

Dalam tabel periodik, Fe termasuk logam transisi golongan 8, nomor atom 26 dan massa atom 56.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
6 unsur utama pembentuk tubuh manusia adalah:
1. Oksigen 65%.
2. Karbon 18,5%.
3. Hidrogen 10%.
4. Nitrogen 3%.
5. Kalsium 1,5%.
6. Fosfor 1%.

Jika diurutkan berdasarkan golongannya dalam tabel periodik (metode IUPAC):
1. Golongan 16: Oksigen.
2. Golongan 14: Karbon.
3. Golongan 1: Hidrogen.
4. Golongan 15: Nitrogen.
5. Golongan 2: Kalsium.
6. Golongan 15: Fosfor.

Jadi ada 5 golongan unsur pembentuk tubuh manusia, yaitu golongan 1 dan 2 dan golongan 14 s/d 16, dengan 2 unsur dari golongan 15, yaitu Nitrogen dan Fosfor, yang keseluruhannya membentuk 4% tubuh manusia.

Dari total 118 unsur dalam tabel periodik; pada temperatur kamar, 105 unsur berbentuk padatan, 11 unsur berbentuk gas, dan hanya 2 unsur yang berbentuk cairan, yaitu Brom dan Merkuri. Namun, justru tubuh manusia terdiri dari 3 unsur berbentuk padatan, yaitu Karbon, Kalsium, dan Fosfor, dan 3 unsur berbentuk gas, yaitu Oksigen, Hidrogen, dan Nitrogen.

Dari 6 unsur utama pembentuk tubuh manusia, saya telah membahas 2 di antaranya, yaitu Karbon, lihat artikel saya: Karbon dan Ranah Manusia (Silikon), dan Hidrogen, lihat artikel saya: Hidrogen, Unsur dengan Inti Atom Paling Kesepian. Oksigen, Nitrogen, dan Fosfor akan saya bahas dalam artikel tersendiri.

Kalsium
Kalsium merupakan unsur paling banyak ke-5 di bumi dan unsur penting pada hampir semua makhluk hidup. Pada manusia, Kalsium adalah unsur logam yang paling melimpah; tubuh manusia dewasa rata-rata mengandung sekitar 1,2 kilogram Kalsium, dimana sekitar 99%nya terikat dalam Kalsium fosfat, penyusun utama tulang dan gigi. Kalsium menyumbang sekitar 100 gram dari 1 kilogram massa tengkorak orang dewasa. Sisanya terlibat dalam fungsi vital, termasuk pembelahan sel, fungsi saraf dan otot yang sehat, pelepasan hormon dan pengontrolan pH darah.

Kalsium sangat penting dalam diet kita. Kita mendapatkan asupan Kalsium melalui  makanan yang kaya Kalsium, termasuk produk susu. Satu gelas susu mengandung sekitar 0,333 gram Kalsium.

Jeruk hijau juga merupakan sumber Kalsium yang baik, dan kebanyakan jus jeruk memiliki tambahan Kalsium.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x