Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Lithium, Logam Paling Ringan

18 Juni 2021   23:28 Diperbarui: 18 Juni 2021   23:37 104 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lithium, Logam Paling Ringan
Mobil listrik, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 25

Dari semua logam yang ada, Lithium adalah yang paling ringan, saking ringannya Lithium bisa dengan mudah mengapung di atas air. Lithium murni sangat reaktif dan di alam Lithium tidak terdapat dalam bentuk unsur bebas, tetapi hanya dalam bentuk senyawa (biasanya ionik), misalnya mineral lepidolite, petalite, dan pegmatitic, yang dulu pernah menjadi sumber utama Lithium, sebelum logam Lithium diisolasi secara elektrolisis dari campuran Lithium klorida (LiCl) dan Kalium klorida (KCl). Banyak mineral Lithium yang mudah larut dalam air, dan air lautan di seluruh dunia mengandung jutaan ton Lithium terlarut.

Dulu sewaktu saya mulai belajar ilmu kimia, Lithium jarang terdengar. Lithium baru populer setelah beredarnya baterai Lithium-ion (Li-ion), yaitu baterai jenis isi ulang. Baterai Li-ion komersial dikembangkan oleh tim Sony dan Asahi Kasei yang dipimpin oleh Yoshio Nishi pada 1991.

Baterai Li-ion berukuran kecil namun kuat, sehingga ideal untuk HP dan komputer tablet atau elektronik portabel lainnya. Yang berukuran lebih besar digunakan untuk kendaraan, misalnya mobil listrik, yang kurang mempolusi ketimbang mobil bertenaga bensin. Baterai ini lalu menjadi semakin populer untuk aplikasi militer dan luar angkasa.

Baterai Li-ion menyimpan energi listrik untuk menyalakan gadget dan bisa diisi ulang.  Diagram di bawah menunjukkan baterai perangkat yang digunakan.

Baterai Li-on, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 25.
Baterai Li-on, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 25.
1. Di dalam baterai, ion Lithium bermuatan positif bergerak dari elektroda negatif (-) ke elektroda positif (+).
2. Elektroda positif menerima ion Lithium saat baterai kehilangan daya.
3. Saat ion bergerak di dalam baterai, elektron bermuatan negatif didorong melalui HP, dan menyediakan listrik untuk membuat HP bekerja.

Saat pengisian ulang, proses ini terbalik.

Lithium ditemukan dalam banyak makanan, seperti jamur, udang, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lithium juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kaca yang terbuat dari Lithium tahan terhadap panas dan digunakan dalam peralatan ilmiah, seperti cermin di dalam teleskop.

Senyawa sabun yang disebut Lithium stearat digunakan untuk membuat sabun maupun pelumas yang membantu mesin mobil berjalan dengan lancar. Unsur ini juga membentuk keramik keras yang digunakan untuk menghasilkan gigi tiruan yang kuat. Senyawa Lithium juga digunakan dalam beberapa obat.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Pada tabel periodik, Lithium terletak pada kolom 1 (golongan 1) setelah Hidrogen, yaitu dalam kelompok logam alkali, lihat artikel saya: Tips Menghafal Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia.

Karena tips menghafal tabel periodik sudah saya berikan dalam artikel itu, maka artikel berisi uraian tentang unsur-unsur penting, unik, atau banyak digunakan sehari-hari saya rasa perlu ditayangkan untuk menguatkan hafalan tabel periodik itu sendiri.

Seperti halnya semua logam alkali, Lithium sangat reaktif dan mudah terbakar, dan harus disimpan dalam vakum, atmosfer inert atau cairan inert seperti minyak tanah murni atau minyak mineral. Saat dipotong, Lithium menunjukkan kilau logam, tetapi udara lembab dengan cepat merusaknya menjadi abu-abu keperakan kusam, kemudian menjadi noda berwarna hitam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x