Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Menghafal Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia

18 Juni 2021   13:51 Diperbarui: 18 Juni 2021   14:18 1793
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tabel Periodik Unsur-unsur Kimia, dokpri.

Jika Anda membaca artikel saya: Tips Menghafal Apa Saja dengan Mudah, ada 6 cara menghafal apa saja, asal punya minat dan mau menyediakan waktu untuk melakukan penghafalan.

Memang masing-masing orang bisa mengadaptasi atau membuat sendiri cara hafalan yang menurutnya paling mudah, dan saya sendiri menuangkannya dalam Metode Simak (Simplifikasi-akselerasi) Johan Japardi dengan Aplikasi dalam Pembelajaran Apa Saja, yang sudah saya buktikan berhasil dalam banyak bidang pembelajaran.

Sekarang kita masuk ke Tabel Periodik Unsur-unsur Kimia yang dulu disebut Susunan Berkala Unsur-unsur Kimia. Ada banyak orang yang mengusulkan penghafalan dengan menggunakan jembatan ingatan, atau apa pun istilahnya, namun menurut saya kurang tepat, karena lebih membebani otak.

Yang mengherankan saya adalah orang yang belum belajar apa-apa tentang tabel periodik sudah membuat asumsi bahwa belajar kimia itu susah, dengan sederet alasan yang melecehkan otak manusia, yang saya katakan adalah CPU di atas segala CPU itu.

Coba Anda bandingkan sendiri mana cara menghafal yang lebih baik untuk kata ganti orang dalam bahasa Jerman berikut:
Bahasa Jerman saja:
ich
du
er
sie
es
wir
ihr
sie
Sie

atau gabungan bahasa Jerman dengan bahasa Indonesia:
ich saya
du engkau
er dia laki-laki
sie dia perempuan
es ia hewan
wir kami/kita
ihr kalian
sie mereka
Sie Anda

Anda mungkin bertanya, "wah, bukannya cara yang kedua itu lebih susah?" Kelihatannya memang lebih susah, dan di situlah saya mengaplikasikan metode: Hafal frasa demi frasa, logika sambungan frasa, dan iramanya.

Kita kembali ke tabel periodik, inilah saran saya untuk menghafalnya, dengan Tips Menghafal Tabel Periodik Unsur-unsur Kimia sebagai berikut:
1. Menghafal apa saja itu mudah, asal menggunakan metode yang tepat bagi diri Anda. Jadi apa yang saya sajikan di sini adalah yang terbukti dan berlaku untuk saya dan murid-murid yang pernah saya ajari, termasuk putri saya, Putri Natalia.

2. Prioritas hafalan tabel periodik hanya perlu dimulai dengan 8 Kelompok.
Semua anggota sebuah kelompok atau kolom memiliki jumlah elektron yang sama dalam kulit terluarnya. Sebagai contoh, unsur-unsur kelompok 1 memiliki satu elektron terluar, sedangkan unsur-unsur kelompok delapan memiliki 8 elektron terluar.

Kelompok 1: Hidrogen dan Logam Alkali (1 + 6) unsur = 7 unsur.
Kelompok 2: Logam Alkali Tanah = 6 unsur.
Kelompok 3: Kelompok Boron = 6 unsur.
Kelompok 4: Kelompok Karbon = 6 unsur.
Kelompok 5: Kelompok Nitrogen = 6 unsur.
Kelompok 6: Kelompok Oksigen  = 6 unsur.
Kelompok 7: Kelompok Halogen  = 6 unsur.
Kelompok 8: Kelompok Gas Mulia  = 7 unsur.

Total = hanya 50 unsur, banyakkah? Sama sekali tidak. Hafal saja satu demi satu kelompok dengan cara apa pun yang Anda sukai, kalau saya frasa demi frasa di atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun