Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Orang Tua Gunung, Pengalaman yang Mustahil Bisa Diulang

11 Mei 2021   01:22 Diperbarui: 11 Mei 2021   02:02 96 4 1 Mohon Tunggu...

Kartu Pos Orang Tua Gunung, New Hampshire, Amerika Serikat, November 2001.

Orang Tua Gunung (the Old Man of the Mountain), juga dikenal sebagai Wajah Batu Besar (the Great Stone Face) atau Profil, adalah rangkaian lima tepian tebing granit di Gunung Meriam (Cannon Mountain) di Pegunungan Putih (White Mountains), New Hampshire, Amerika Serikat, yang tampaknya merupakan profil bergerigi dari sebuah wajah jika dilihat dari utara. 

Formasi batuan itu berada 370 m di atas Danau Profil, dan berukuran tinggi 12 m dan lebar 7,6 m. Situs tersebut terletak di kota Franconia.

Penyebutan si Orang Tua tercatat pertama kali pada 1805. Saya sangat beruntung karena sempat jalan-jalan ke Orang Tua Gunung pada November 2001 (sedikit melewati waktu terbaik untuk menikmati Dedaunan Musim Gugur New Hampshire (New Hampshire Autumn Foliage). 

Satu setengah tahun kemudian, Orang Tua Gunung runtuh pada 3 Mei  2003. Pada kunjungan saya ke Orang Tua Gunung, saya sempat membeli beberapa lembar kartu pos yang kini sudah menjadi barang langka.

dokpri
dokpri
Sampai di area Orang Tua Gunung, November 2001.

dokpri
dokpri
Berpose dari bawah Orang Tua Gunung, wajah si Orang Tua tampak kecil, dedaunan musim Gugur New Hampshire masih kelihatan, November 2001.

Orang Tua Gunung pertama kali menjadi terkenal terutama karena pengacara dan negarawan Amerika Serikat, Daniel Webster, seorang penduduk asli New Hampshire, pernah menulis:
Men hang out their signs indicative of their respective trades; Shoemakers hang out a gigantic show; Jewelers a monster watch; and dentist hang outs a gold tooth; but in the mountains of New Hampshire, God almighty has hung out a sign to show that he there makes men.

Manusia menggantungkan tanda-tanda mereka yang menunjukkan barang dagangan mereka masing-masing; pembuat sepatu menggantungkan sepatu raksasa; tukang perhiasan menggantungkan arloji monster, dan dokter gigi menggantungkan gigi emas; tetapi di Pegunungan New Hampshire, Tuhan Yang Mahakuasa telah memasang tanda untuk menunjukkan bahwa di sana Dia menciptakan manusia.

dokpri
dokpri
Tulisan Daniel Webster, November 2001.

Saya kemudian naik ke Pegunungan Putih dengan menggunakan gondola.

dokpri
dokpri
Naik Gondola ke atas Pegunungan Putih, November 2001.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN