Olahraga

Palembang Siap Selenggarakan Asian Games 2018

15 November 2017   14:01 Diperbarui: 15 November 2017   14:15 607 0 0

Tuan rumah Asian Games 2018 adalah Jakarta dan Palembang.Asian Games kali ini akan diikuti oleh 45 negara di Asia dengan jumlah atlet 15.000(perkiraan).Tempat dilaksanankannya Asian Games 2018 yaitu di dua tempat sekaligus yaitu di jakarta dan palembang.Awalnya Hanoy,Vietnam terpilih sebagai tuan rumah tetapi mengundurkan diri karena kendala keuangan.

Sebelumnya hanoi ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 pada 8 November 2012 setelah mengalahkan kota kota yang mengajukan diri sebagai tuan  rumah,yaitu Dubai dan Surabaya.pada bulan Mey 2014 kekhawatiran atas kesiapan vietnam mulai muncul.penolakan masyarakat vietnam karena kondisi ekonomi yang buruk dan kurang nya fasilitas olahraga di negara itu.

OCA mengatakan bahwa upacara pembukaandan penutupan  Asian Games dilaksanakan di Jakarta,namun menteri olahraga sebelumya mengatakan bahwa Palembang akan mrnjadi tuan rumah penutupan Asian Games 2018.Di Asian Games 2018 akan menyelengarakan 33cabang olahragaolimpdan 11 cabang olahraga non olimpiade dengan jumlah nomer perlombaan 490 nomor.

Untuk persiapan pemerintah Sumatera Selatan telah membangun jaringan air kran siap minum di 50 titik di kawasan JSC. Pembangunan air siap minum di kawasan olahraga merupakan yang pertama di Indonesia.

Fasilitas umum yang juga dibangun adalah WC umum yang berstandar internasional. Bahkan, toilettersebut juga bisa digunakan difabel.

Pemerintah Sumatera Selatan membangun 30 buah toilet yang dapat digunakan masyarakat saat Asian Games. Adapun setiap WC umum tersebut dibangun dengan anggaran Rp 350 juta yang sumber dananya dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum.

Kota Palembang terus berbenah dalam menyambut Asian Games 2018. Salah satu fasilitas umum, pedestrian Jl Sudirman turut diperbaiki dan semakin memberikan kesan romantis.

Dari pantauan detikTravel, kursi panjang dan taman mulai dilakukan renovasi di kawasan pedestrian Jalan Jendral Sudirman ini. Beberapa fasilitas seperti tong sampah, kursi santai dan lantai sudah terlihat mengkilat.

Kawasan yang dulunya tidak terurus karena berada di antara Pasar Cinde dan Pasar 16 Ilir, kini telah menjadi pusat berkumpulnya anak muda dan para seniman di kota Pempek. Terutama saat weekend, Pedestrian Sudirman akan dipadati pengunjung pada malam hari.

Berbagai santapan khas Bumi Sriwijaya dapat ditemukan di tempat ini, termasuk permainana tradisonal tahun 1990-an yang sudah semakin sulit dijumpai seperti egrang dan permainan lainnya. Alunan musik mulai dari angklung, dangdut, pop dan rock akan mengiringi malam saat pengunjung datang. SEMOGA ASIAN GAMES JAKARTA -PALEMBANG BERJALAN DENGAN LANCAR