Mohon tunggu...
Joe Hoo Gi
Joe Hoo Gi Mohon Tunggu... Penulis - mBambung Official

Author Blogger, Video Creator, Web Developer, Software Engineer, and Social Media Manager in Jogjakarta, Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Media

Dari Gie Sampai Ahok

10 Desember 2016   08:22 Diperbarui: 5 Februari 2020   18:38 156 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dari Gie Sampai Ahok
dari-gie-sampai-ahok-5e3aa917d541df14806b60c2.jpg

Tak terasa sudah empat puluh tujuh tahun usia pusara kepulanganmu kepadaNya tapi cita-citamu sampai kini masih menjadi wacana tak berbalas, mimpi buruk tak berbatas dan harapan kosong tak berbelas.

Dominasi mayoritas di tengah kemajemukan bangsamu masih menjadi tirani primordial betapa hidup dalam multi minoritas adalah kenyataan untuk mudah ditindas adalah ketakutan dan kecemasan Indonesia tempo doeloe dan masa kini. 

Andai takdir masih berpihak ke nafasmu masihkah kau lantangkan meriam tinta penamu di tengah kokohnya beton tirani rasial sementara peradaban diskriminasi sudah berurat berakar berabad-abad membentuk pola hidup kebencian dalam stereotip kebangsaan? 

Betapa kemuliaan idealisme perjuanganmu selalu berakhir di ujung gelisah tanpa jawab tapi sosok kesendirianmu bukan pertama sebagaimana Martin Luther King JR juga tidak kuasa mewujudkan cita-citanya mengolah harapan Amerika multi etnik menjadi kenyataan?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan