Mohon tunggu...
Johandy Lingkubi
Johandy Lingkubi Mohon Tunggu...

Seorang yang ingin selalu lebih baik bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan dan terutama untuk Sang Pencipta.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Portugal Juara

11 Juli 2016   06:57 Diperbarui: 11 Juli 2016   07:04 65 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Portugal Juara
Portugal Berhasil Menjuarai EURO 2016. Foto : facebook.com/UEFA EURO 2016

EURO 2016 akhirnya selesai dengan memunculkan juara baru yaitu Portugal. Pada pertandingan final melawan tuan rumah Perancis yang di langsungkan di stadion Stade de France di kota Paris, Portugal berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0 lewat gol pemain milik Lille OSC dengan nama lengkap Ederzito Antonio Macedo Lopes atau Eder di babak extra time menit ke 109' lewat tendangan jarak jauh yang tidak mampu di halau oleh penjaga gawang Perancis Hugo Lloris . Pemain bernomor punggung sembilan tersebut baru masuk di babak ke dua tepatnya di menit ke 79' menggantikan Renato Sanches. 

Selebrasi Eder setelah berhasil membobol gawang Perancis. Foto : independent.co.uk
Selebrasi Eder setelah berhasil membobol gawang Perancis. Foto : independent.co.uk
Dalam pertandingan yang diwarnai oleh cederanya sang bintang Portugal Christiano Ronaldo setelah berbenturan dengan pemain Perancis Dimitri Payet yang membuat dirinya harus digantikan oleh Ricardo Quaresma pada menit ke 25' ini berjalan cukup seru. Perancis yang lebih di unggulkan dalam pertandingan ini beberapa kali mengancam gawang Portugal yang di jaga Rui Patricio. Walaupun kurang diunggulkan dibanding Perancis, Luis Nani dkk tetap memberikan perlawanan yang merepotkan para pemain Perancis.

Portugal memang tidak diunggulkan di laga final melawan Perancis. Hal ini tidak lepas dari penampilan yang mereka tunjukan sejak babak grup. Christiano Ronaldo dan kolega hanya mampu lolos dari penyisihan grup sebagai peringkat tiga terbaik. Lewat torehan tiga kali hasil imbang dari tiga laga, posisi Portugal berada di bawah Hungaria dan Islandia. Di babak 16 besar, Portugal harus menghadapi Kroasia yang sebelumnya berhasil mengalahkan Spanyol di penyisihan grup. Gol Ricardo Quaresma di penghujung babak ke dua extra time berhasil meloloskan tim yang di juluki samba eropa ini kebabak 8 besar menghadapi Polandia. Lagi-lagi Portugal yang belum mampu menunjukan permainan terbaik mereka berhasil melangkahi Polandia lewat adu tendangan penalti 5-3 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Di babak semi final Portugal berhadapan dengan salah satu tim kejutan Wales yang sukses menumbangkan Favorit juara Belgia di babak sebelumnya. Lewat dua gol masing-masing di ciptakan Christiano Ronaldo dan Luis Nani berhasil mengantarkan Portugal ke babak final dengan kemenangan 2-0.

Jalan Portugal hingga babak final sangat unik. Dari enam laga yang mereka mainkan hingga babak semi final, skuad asuhan Fernando Santos hanya mampu menang sekali yakni saat melawan Wales jika pertandingan hanya di hitung dalam waktu 90 menit. Berbeda dengan Perancis yang selalu menang dari babak penyisihan grup. Tercatat hanya Swiss yang mampu menahan tim ayam jantan dengan skor 0-0 di pertandingan terakhir grup A.  Perancis semakin di atas angin sebagai unggulan di final EURO 2016 setelah di babak semi final berhasil mempecundangi juara World Cup 2014, Jerman.

Pada akhirnya Portugal berhasil membalikan sebagian besar prediksi dengan membawa pulang trofi EURO 2016 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Portugal membalas kegagalan mereka di EURO 2004 dimana kala itu Portugal sebagai tuan rumah yang masih diperkuat sang legenda Luis Figo harus mengakui keunggulan tim non unggulan Yunani 1-0. Apa yang dirasakan Portugal pada 2004, harus dirasakan Perancis di turnamen kali ini. Perancis yang bertindak sebagai tuan rumah dan menampilkan penampilan hebat sepanjang turnamen harus mengakui keunggulan tim yang kuarang diunggulkan yakni Seleccao Das Quinas Portugal.

Pemain Portugal dengan Trofi EURO 2016. Foto : abc.net.au
Pemain Portugal dengan Trofi EURO 2016. Foto : abc.net.au
Portugal di EURO 2016

PENYISIHAN GRUP F

  • Portugal 1-1 Islandia (Luis Nani 31')
  • Portugal 0-0 Austria
  • Portugal 3-3 Hungaria (Luis Nani 42', Christiano Ronaldo 50', 62')

BABAK 16 BESAR

  • Portugal 1-0 Kroasia (Ricardo Quaresma 117')

BABAK 8 BESAR

  • Portugal 1-1 Polandia  (Renato Sanches 33')  AP(5-3)

SEMI FINAL

  • Portugal 2-0 Wales (Christiano Ronaldo 50', Luis Nani 53')

FINAL

  • Portugal 1-0 Perancis (Eder 109')

VIDEO PILIHAN