Mohon tunggu...
Putu Hadi Purnama Jati
Putu Hadi Purnama Jati Mohon Tunggu... Simple Life, High Thinking

Blogger Teknologi, Penggemar Wordpress dan SEO. Sedang menempuh Master ICT in Business and the Public Sector, Leiden University, The Netherlands

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Teknologi Pengenalan Wajah dan Apa yang Seharusnya Kita Bicarakan

11 Agustus 2020   01:45 Diperbarui: 11 Agustus 2020   14:07 296 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknologi Pengenalan Wajah dan Apa yang Seharusnya Kita Bicarakan
source : source : analyticsindiamag.com

"Kak, memangnya teori konspirasi itu beneran ada?"

Itu pertanyaan adik saya yang masih SMA ketika pandemi COVID-19 sedang hangat-hangatnya di Indonesia pada bulan April.

Saat itu saya belum tahu apa saja konspirasi yang beredar di masyarakat saat pandemi, banyak teori konspirasi di dunia memang benar adanya tetapi kebanyakan yang orang tahu biasanya konyol.

Salah satu konspirasi terkenal di masa pandemi ini adalah bagaimana vaksin akan digunakan untuk memonitor dan mengendalikan semua umat manusia dengan menanamkan chip ketika divaksin. 

Terdengar sangat mengerikan, karena siapa sih yang mau ditanami chip lalu diawasi bahkan dikontrol oleh para elit dengan kepentingan tertentu?

Saya tidak mau terlibat lebih banyak dengan debat chip di vaksin, saya yakin para ahli sudah membantahnya dengan berbagai argumen ilmiah.

Hal menarik dari fenomena konspirasi ini adalah kita, umat manusia, ternyata ingin agar privasi terjaga dan tidak mau dimanfaatkan untuk mengawasi dan mengendalikan.

Sayang hal seperti ini menjadi isu panas hanya saat pandemi, padahal pelanggaran privasi sebenarnya bukan ancaman omong-kosong yang baru dihadapi umat manusia hari ini.

Teknologi Pengenalan Wajah dan Pro Kontra Yang Mengikutinya

Mari kita mulai dengan teknologi yang sedang naik daun dan sudah beberapa tahun digunakan di ponsel pintar: pengenalan wajah.

Kamu pasti tidak asing membuka ponsel pintar dengan fitur pengenalan wajah yang biasanya sudah disediakan oleh pabrikan ponsel pintar hari ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN