Mohon tunggu...
Joko Martono
Joko Martono Mohon Tunggu... Penulis - penulis lepas

belajar memahami hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar Pilihan

Situasi Covid-19 DIY Masih Kondusif, Masyarakat Disarankan Bermasker di Kawasan Ramai

25 Mei 2022   00:12 Diperbarui: 25 Mei 2022   23:21 296 55 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Joglosemar. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com

Evaluasi terhadap perkembangan Covid-19 kembali dilakukan oleh pemerintah pusat. Berdasarkan perkembangan selama dua pekan terakhir  (periode 10 hingga 23 Mei 2022) diputuskan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa-Bali secara resmi masih diperpanjang.

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.26 Tahun 2022, di antaranya menyebutkan bahwa untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdiri: Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Gunungkidul kini masih tetap diberlakukan PPKM Level 2. Adapun perpanjangan PPKM ini resmi berlaku mulai 24 Mei sampai  6 Juni 2022.

Sementara itu perlu diketahui bahwa situasi pandemi Covid-19 di DIY situasinya semakin melandai dan cenderung kondusif.

Hal ini ditandai menurunnya jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19, walaupun belum sepenuhnya dapat dinyatakan aman, mengingat hingga saat ini masih ditemui sebanyak 103 pasien yang termasuk kasus aktif atau pasien yang masih dalam perawatan. Sedangkan kasus suspek/dalam pemantauan hingga kini tercatat 727 orang.

Selengkapnya per tanggal 23 Mei 2022, berdasar data resmi Dinas Kesehatan DIY, disebutkan total  pasien positif Covid-19 di seluruh DIY berjumlah 220.641 kasus (+0), total pasien sembuh 214.635 kasus (+1), total pasien meninggal dunia 5.903 kasus (+0).

Dengan demikian dapat diketahui tingkat kesembuhan (case recovery rate) mencapai 97,28 persen, tingkat kematian/meninggal dunia (case fatality rate) mencapai 2,67 persen, dan kasus aktif atau pasien yang masih dirawat kini tercatat 0,05 persen.

Selanjutnya mengenai ketersediaan bed/tempat tidur untuk pasien non-kritikel sebanyak 1.540 terpakai 72 bed, dan untuk pasien kritikel atau ruang ICU sebanyak 195 bed/tempat tidur terisi 20 bed. Selebihnya pasien dirawat di shelter atau isoman.

Bermasker di kawasan ramai

Seiring semakin melandainya kasus penularan virus corona penyebab Covid-19 belakangan ini di hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jawa-Bali maka beberapa kebijakan pelonggaran telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Termasuk pelonggaran terhadap ketentuan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri, pelonggaran ketentuan waktu, durasi maupun kapasitas berbagai usaha/perekonomian, dan yang paling popular diberitakan yaitu keputusan Presiden RI Jokowi yang membolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka sejak 17 Mei 2022 lalu.

Nah, terhadap keputusan boleh tidak menggunakan/melepas masker ini, Pemda DIY tentunya ikut mendukung namun Pemda juga tetap mengimbau bahwa masyarakat di daerah ini untuk selalu cermat dan berhati-hati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan