Mohon tunggu...
Jimmy S Harianto
Jimmy S Harianto Mohon Tunggu... Jurnalis - Mantan Redaktur Olahraga dan Desk Internasional Kompas

Redaktur Olahraga (1987-1993), Wakil Redaktur Opini dan Surat Pembaca (1993-1995), Redaktur Desk Hukum (1995-1996), Redaktur Desk Features dan Advertorial (1996-1998), Redaktur Desk Internasional (2000-2003), Wakil Redaktur Kompas Minggu (2003-2008), Redaktur Desk Internasional (2008-2012)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Indonesia Jadi Tuan Rumah Olahraga Dunia

3 Desember 2022   18:15 Diperbarui: 4 Desember 2022   11:00 730
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Talkshow Kompasianival Olahraga/Jimmy S Harianto

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Ajang Olahraga, Siapkah? Semestinya pertanyaan ini dibalik saja menjadi pernyataan afirmatif... Siap tidak siap, Indonesia kudu siap jadi tuan rumah olahraga dunia.

Tema perbincangan di atas mengemuka di acara Kompasianival di Aula Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (03/12/2022) siang, dalam Talkshow yang dipandu wartawan senior, Abi Hasantoso.

Perbincangan singkat tapi menarik selama 45 menit siang itu mengetengahkan tokoh pembicara olahraga yang kompeten, Akmal Marhali salah seorang mantan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan di Malang belum lama ini, serta Nirmala Dewi – perempuan pertama yang menjabat sebagai Sekretaris Jendral Pengurus Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (PP Perbasi)

Akmal Marhali adalah pengamat sepak bola yang juga koordinator Save Our Soccer. Sedangkan Nirmala Dewi adalah Stafsus Erick Thohir saat menjabat sebagai Presiden INASGOC, ketika Indonesia kebagian gawe Pesta Olahraga Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Mengapa ditegaskan saja, kudu siap? Presiden kita Joko Widodo sudah menjawab pertanyaan tersebut dengan action tegas empat tahun lalu, bahwa Indonesia sukses besar menjadi penyelenggara pesta olahraga Asia, setelah 50 tahun praktis hampir tak pernah jadi tuan rumah olahraga besar. 

Indonesia terakhir menjadi tuan rumah multi-event olahraga besar pada 24 Agustus s/d 4 September 1962. Waktu itu, di era pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia berhasil menjadi penyelenggara pesta olahraga terbesar di Asia dengan 1.460 atlet dari 17 negara.

Presiden Joko Widodo sudah membuktikan kesanggupannya, tidak hanya merenovasi seluruh venues yang pernah jadi ajang penyelenggaraan Asian Games 1962 di Gelora Senayan.

Akan tetapi, juga melebarkan sayap gelanggang olahraganya sampai ke Palembang. Dan selama dua pekan, Indonesia berhasil menjadi tuan rumah yang sukses untuk 11.300 atlet dari 45 negara, bertanding di 46 cabang olahraga – terdiri dari 465 events dari 61 disiplin olahraga. Tentu luar biasa, Indonesia!

Kudu Siap

Kalau menuruti pertanyaan, kapan kita siap menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola seperti Qatar 2022? 

Tentu, kita tidak akan merasa siap, sampai kapan pun kecuali kita sudah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia Sepak Bola terbesar di muka jagat. Atau, seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo ketika menyanggupi jadi tuan rumah Asian Games 2018. Indonesia kudu mengajukan diri, siap tak siap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun