Mohon tunggu...
Jimmy Haryanto
Jimmy Haryanto Mohon Tunggu... Ingin menjadi Pembelajaryang baik

Pecinta Kompasiana. Berupaya menjadi pembelajar yang baik, karena sering sedih mengingat orang tua dulu dibohongi dan ditindas bangsa lain, bukan setahun, bukan sepuluh tahun...ah entah berapa lama...sungguh lama dan menyakitkan….namun sering merasa malu karena belum bisa berbuat yang berarti untuk bangsa dan negara. Walau negara sedang dilanda wabah korupsi, masih senang sebagai warga. Cita-cita: agar Indonesia bisa kuat dan bebas korupsi; seluruh rakyatnya sejahtera, cerdas, sehat, serta bebas dari kemiskinan dan kekerasan. Prinsip tentang kekayaan: bukan berapa banyak yang kita miliki, tapi berapa banyak yang sudah kita berikan kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Dengan Duit 15 Juta Liburan ke Mana Ya?

17 Desember 2018   11:07 Diperbarui: 17 Desember 2018   14:46 136 0 0 Mohon Tunggu...

Aku ingin melakukan liburan akhir tahun ini di Indonesia. Aku tinggal di Jakarta. Mungkin ada yang tahu, terutama dari yang sudah punya pengalaman atau biro jasa pariwisata agar liburannya benar-benar menyenangkan. Aku senang dengan alam dan berkomunikasi dengan penduduk setempat dan bersedia hidup sederhana asal sehat dan bersih. Bersama orang lain juga tidak apa-apa misalnya dalam menggunakan kendaraan umum.

Sesungguhnya pertanyaan ini muncul karena ingin memberitahu teman-teman orang asing di luar negeri bahwa dengan duit $1.000 yang berarti setara dengan Rp 15 juta apa saja yang bisa dilakukan di Indonesia. Kalau mungkin ada banyak alternatif akan lebih baik lagi, sehingga orang asing akan bisa memilih dan lebih senang datang ke Indonesia.

Lebih senang lagi kalau renacan liburan itu sudah dalam satu paket. Dengan demikian kepada anak-anak sekolah atau keluarga juga nanti bisa disampaikan. Misalnya anak-anak sekolah jika ingin liburan ke wilayah Indonesia Timur, atau di wilayah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sumatera, maupun Papua. Kepada keluarga juga nanti bisa disampaikan untuk menabung Rp 15 juta agar tahun depan bisa liburan bersama-sama. Kalau memang menyenangkan, mungkin setiap tahun nanti kita akan melakukan liburan yang berbeda-beda.

Oh ya berkunjung ke tempat yang sudah pernah saya kunjungi seperti Banda Aceh, Danau Toba, Medan, Bukit Tinggi, Padang, Pekan Baru, Palembang, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Labuan Bajo, Kupang, Pontianak, Balikpapan, Manado, Gorontalo, Makassar, Jayapura, dan Timika, juga tidak apa-apa. Karena merupakan kebahagiaan tersendiri jika bisa mengunjungi banyak tempat di negeri tercinta ini.

Dengan telah menikmati berbagai tempat liburan di luar negeri seperti Singapura, Penang, Kuala Lumpur, Bangkok, Viantiane, Tokyo, Osaka, di Jepang, New Delhi India, Great Wall di Beijing, Seoul dan Jeju Island di Korea, Perth, Sydney, Canberra, Melbourne, di Australia, Auckland dan Wellington di Selandia Baru, Fiji, Samoa di Pasifik Selatan, Honolulu, New York, Beverly Hills, Los Angeles, Las Vegas, Huston, Washington DC, di AS, Berlin, Paris, Venicia, Roma, di Italia, Frankfurt, Budapest, Air Terjun Iguazu di Argentina, Montevideo di Uruguay, Asuncion di Paraguay, Tiqal di Guatemala, Oslo, Tunisia, Nairobi, Kenya, Laut Mati, Jordania, kita justeru semakin kagum dengan keindahan negeri kita sendiri Indonesia dan ingin mengajak teman-teman di luar negeri untuk juga menikmati keindahan Indonesia.  

Salah satu objek wisata di Labuan Bajo, NTT  di pertengahan tahun 2018 ini yang sangat saya kagumi (dok: pribadi).

Sangat dihargai kalau misalnya sudah menghitung semuanya, seperti biaya transportasi dengan menggunakan moda apa, biaya penginapan, biaya makanan dan minum, dan lain-lain sampai nanti kembali lagi ke Jakarta. Aku juga ingin menjadikan liburan setiap akhir tahun dengan mengunjungi wilayah Indonesia sebanyak mungkin.

Terima kasih atas perhatiannya dan kesediaannya untuk berbagi. Saya sangat cinta Indonesia yang penuh dengan tempat-tempat menarik.

VIDEO PILIHAN