Mohon tunggu...
Jimmy Haryanto
Jimmy Haryanto Mohon Tunggu... Ingin menjadi Pembelajaryang baik

Pecinta Kompasiana. Berupaya menjadi pembelajar yang baik, karena sering sedih mengingat orang tua dulu dibohongi dan ditindas bangsa lain, bukan setahun, bukan sepuluh tahun...ah entah berapa lama...sungguh lama dan menyakitikan….namun sering merasa malu karena belum bisa berbuat yang berarti untuk bangsa dan negara. Walau negara sedang dilanda wabah korupsi, masih senang sebagai warga. Cita-cita: agar Indonesia bisa kuat dan bebas korupsi; seluruh rakyatnya sejahtera, cerdas, sehat, serta bebas dari kemiskinan dan kekerasan. Prinsip tentang kekayaan: bukan berapa banyak yang kita miliki, tapi berapa banyak yang sudah kita berikan kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hebat, Mahasiswa Indonesia Juara di Argentina!

9 November 2016   10:38 Diperbarui: 9 November 2016   11:25 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta tampil sebagai juara umum (overall winner) mood court Foreign Direct Investment (FDI) yang diikuti 57 peserta dari 53 negara dan dilangsungkan di kampus Universitas Buenos Aires tanggal 1-8 November 2016. Tim UGM terdiri dari Amelia Rohana Sonang yang merupakan Captain Team, AA Istri Rosa Maheswari, Abigail Tabitha Annisa Soemarko, Indira Jauhara Pratiwi, Rizky Karim, dan Rahma Reyhan.

Tim dari Indonesia terdiri dari dua tim yakni tujuh mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan empat mahasiswa dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta. Tim UPH yang baru mahasiswa tahun kedua terdiri dari Sabrina Christabel Mayserafin Tobing, Felix Chandra, Anindhita Chndra Pturti, dan Nathanael G Samuel yang merupakan Captain Team.

Dalam penampilan lisan kedua tim dari Indonesia sama-sama lolos ke babak16 besar, dan akhirnya dimenangkan oleh tim dari Paris di urutan pertama dan Harvard Law School di urutan kedua. Namun secara umum (gabungan nilai tertulis dan penampilan lisan) akhirnya UGM dinyatakan tampil sebagai juara umum.

Dubes Indonesia untuk Argentina Jonny Sinaga menyambut kehadiran para mahasiswa Indonesia dengan mengatakan bahwa pengalaman menerapkan sistem hukum dalam moot court ini merupakan kesempatan baik untuk menyiapkan diri menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang.

Dalam sambutan awal tanggal 1 November 2016, Dubes Jonny mengatakan tidak harus tampil sebagai juara dalam setiap kompetisi; tapi gunakan kesempatan untuk belajar agar menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

Pendiri moot court sependapat dengan Dubes Jonny dengan mengatakan dalam moot court ini para mahasiswa diharapkan mampu memberikan argumentasi kuat yang masuk akal yang didukung teori, yurispudensi atau setidaknya logika. Walaupun fasih dalam bahasa Inggris, namun pengungkapan yang bagus dan jelas akan menolong meyakinkan para arbitrator yang merupakan lawyer, dosen atau praktisi berpengalaman.

Amelia yang merupakan ketua rombongan Tim UGM Yogyakarta dan Nathan yang merupakan Ketua Tim UPH Jakarta sangat berterima kasih kepada Dubes Indonesia dan staf KBRI di Buenos Aires terutama dengan kehadiran Jonny Sinaga di ruang kompetisi yang menambah semangat mereka. Jonny yang merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Tulane, AS juga merupakan mantan juri pada moot court Jessup competition di Jakarta serta pembicara pada UN Model di New York.

Dalam acara jamuan makan malam bersama di Wisma Indonesia hari Selasa, 8 November 2016 dengan para mahasiswa dan staf KBRI, Dubes menyampaikan selamat dan mengatakan agar senantiasa berupaya melakukan yang terbaik bagi Indonesia. Diplomat dan lawyer Argentina yang hadir dalam acara itu juga menyatakan kekagumannya dengan prestasi yang diraih para mahasiswa Indonesia itu, apalagi dilakukan dalam bahasa Inggris yang sangat fasih.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x