Mohon tunggu...
Jihan Rosyadah
Jihan Rosyadah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Belajar dan berdoa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cegah Corona, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Desinfeksi dan Bagikan Hand Sanitizer kepada Masyarakat di Era New Normal

5 Agustus 2020   09:48 Diperbarui: 5 Agustus 2020   09:48 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Corona, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Desinfeksi dan Bagikan Hand Sanitizer kepada Masyarakat di Era New Normal
Edukasi dan Penyemprotan desinfektan di wilayah Jekulo Karang RT 02 RW 07

Kudus (3/8), Universitas Diponegoro (UNDIP) berkontribusi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 melalui mahasiswa KKN TIM II 2019/2020. Kegiatan KKN ini mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). KKN pada periode ini dilakukan di kampung halaman masing-masing.

Virus corona dapat bertahan hidup di permukaan benda hingga berjam-jam bahkan berhari-hari. Ketika seseorang menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus corona, maka secara tidak langsung bisa terinfeksi atau ikut menyebarkan virus corona ke sekitarnya. Untuk mencegah penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan melakukan desinfeksi menggunakan cairan desinfektan ke permukaan benda, serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Desinfektan dapat digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona dengan cara disemprotkan ke permukaan benda-benda yang sering disentuh oleh tangan, seperti gagang pintu, tombol lift, tombol sakelar, remot, permukaan meja, dan benda lainnya. Sesuai standar yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI pada “PANDUAN KEGIATAN MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN LANGKAH-LANGKAH DESINFEKSI DALAM RANGKA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19” desinfektan dapat dibuat dari produk pemutih, pembersih lantai, dan permbersih kamar mandi yang mudah ditemukan di toko. Kegiatan desinfeksi dapat dilakukan secara rutin untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain kegiatan desinfeksi, untuk mencegah penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tangan, baik dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau jika tidak tersedia sabun dan air dapat menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer pada era new normal ini merupakan salah satu barang wajib yang harus selalu dibawa. Hand sanitizer yang efektif harus memiliki kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Cara penggunaan hand sanitizer pun dianggap sangat praktis, karena hanya menuangkan atau menyemprotkan hand sanitizer ke telapak tangan kemudian di gosokkan ke seluruh telapak tangan, punggung tangan dan kuku sampai kering.

Pembagian hand sanitizer kepada warga sekitar wilayah Jekulo Karang RT 02 RW 07
Pembagian hand sanitizer kepada warga sekitar wilayah Jekulo Karang RT 02 RW 07

Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan masyarakat sekitar dapat menekan angka penyebaran
Covid-19 dengan cara selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tangan.

Oleh : Jihan Rosyadah (24030117130074) 

Editor : Dr.Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt. M.P.,

VIDEO PILIHAN