Mohon tunggu...
Jihan Lestari
Jihan Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama saya jihan lestari hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jika Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi dalam Ilmu Pengetahuan

29 September 2022   08:14 Diperbarui: 29 September 2022   08:13 78 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  Ekonomi islam adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang masalah-masalah ekonomi masyarakat berdasarkan pada ajaran islam atau aturan-aturan Allah SWT berdasarkan Al-Qur'an dan hadits, sebagai pedomannya. Jika kita menjadikan agama sebagai dasar sistem ekonomi dalam ilmu pengetahuan maka banyak hal yang akan kita pelajari dari Al-Qur'an dan hadits mengenai perekonomian, mulai dari aturan jual beli yang sah dalam islam, pinjam-meminjam dengan akad yang sah, investasi, sampai pelarangan riba, semuanya harus sesuai dengan syariat dan menghindari haram, dzalim dan riba. Sistem ekonomi islam sendiri tidak hanya bermanfaat bagi orang-orang islam tetapi untuk semua umat agama, prinsip ekonomi islam  itu sendiri mencakup berbagai hal seperti mencegah kesenjagan sosial, mengelola sumber daya secara merata, melarang paraktik riba,menbuat catatan transaksi dengan jelas dan mengutamakan keadilan dan keseimbangan, aturan-aturan yg di tetapkan oleh Allah SWT dalam ilmu ekonomi sudah mengacu kepada kebaikan , kesejahteraan, keadilan, dan kedamaian serta menghindari bentuk kerugian dan kejahatan.

  Melihat pada zaman Rasulullah SAW dimana saat itu perekonomian sangat baik dan adil, tidak ada ketimpangan atau kesenjangan dan juga pemerataan akan keadaan ekonomi yang sangat pesat , dan sistem-sistem yang di terapkan Rasulullah SAW berprinsip dari Al-Qur'an.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan