Mohon tunggu...
jihan arfanita
jihan arfanita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Literasi Baca Mengenai Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar

25 September 2021   19:01 Diperbarui: 25 September 2021   19:04 62 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Literasi Baca Mengenai Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Universitas Pendidikan Indonesia sedang memberlangsungkan kegiatan KKNT atau Kuliah Kerja Nyata Tematik yang berlangsung selama satu bulan dengan tema "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka"

Literasi merupakan sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya. Literasi gizi merupakan kemampuan setiap orang untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam proses memahami informasi gizi dan sebagai alat untuk mengubah perilaku.

Anak sekolah merupakan sasaran strategis dalam perbaikan masalah gizi masyarakat (Depkes RI. 2005).Berdasarkan Data Riskesdas tahun 2013 menunjukkan bahwa prevalensi status gizi kurang dan status gizi lebih anak usia sekolah dasar (5-12 tahun) di Sumatera Utara yaitu pendek 35%, sangat pendek 20%. Status gizi tersebut lebih tinggi dibandingkan keadaan secara nasional yaitu kategori pendek 12,3%, sangat pendek 18,4%, kurus 7,2%, sangat kurus 4,0%, gemuk 10,8% dan sangat gemuk 8,8%

Pendidikan atau penyuluhan gizi merupakan pendekatan edukatif untuk menghasilkan perilaku individu atau masyarakat yang diperlukan dalam meningkatkan perbaikan pangan dan status gizi. Harapan dari upaya ini yaitu masyarakat bisa memahami pentingnya makanan dan gizi, sehingga mau bersikap dan bertindak mengikuti norma-norma gizi (Suhardjo, 1996 dalam Zulaeka, 2012).

Literasi mengenai gizi seimbang harus diberikan sedini mungkin, maka dari itu anak Sekolah Dasar adalah sasaran yang tepat untuk memberikan literasi mengenai gizi seimbang. Selain anak, orangtua pun harus diberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang agar dapat meningkatkan pengetahuan para orangtua mengenai pentingnya gizi seimbang.

Dari hasil melakukan literasi kepada anak Sekolah Dasar mengenai gizi seimbang, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar anak sudah memahami mengenai gizi seimbang terutama mengenai makanan yang sehat dan dampak positif apa saja yang didapatkan ketika mengkonsumsi makanan yang sehat. 93% dari jumlah 95 siswa Sekolah Dasar sudah mengetahui bahwa sayur dan buah memiliki manfaat dan sangat menyehatkan bagi tubuh.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan