Mohon tunggu...
Jihan Amira
Jihan Amira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

PROFIL INI DIBUAT UNTUK MENUNJANG SYARAT KULIAH KERJA NYATA GELOMBANG 2 2021 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI: Menumbuhkan Minat Literasi pada Masa PTM di SD Negeri Tikukur Bandung

26 September 2021   08:45 Diperbarui: 26 September 2021   08:54 99 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menurut KBBI pengertian Literasi yakni merupakan kemampuan menulis dan membaca ; pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu ;  dan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Terdapat 6 literasi dasar yang perlu dikuasai oleh anak penerus bangsa, menurut KEMENDIKBUD yakni:

  1. Literasi baca dan tulis.
  2. Literasi numerasi.
  3. Literasi sains.
  4. Literasi finansial.
  5. Literasi digital.
  6. Literasi budaya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan minat Literasi di Indonesia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama Mahasiswa semester 7 dengan bertema kan "Mengembangkan Literasi (literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional."

Mahasiswa UPI yang mengikuti KKN memiliki tugas tanggung jawab untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan/menumbuhkan minat literasi bagi siswa di tingkatan pendidikan sekolah dasar.

Mahasiswa UPI melakukan kegiatan seperti membuat teks bacaan dongeng, teks bacaan mengenai pengetahuan fauna di Indonesia, teks mengenai pengetahuan tumbuhan. Pada masa Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) teks bacaan tersebut di sebarkan melalui grup kelas 4D SD Negeri Tikukur Bandung, siswa-siswi  kelas 4D diminta untuk membaca teks terlebih dahulu lalu siswa-siswi kelas 4D dapat mengisi study game berupa Teka Teki Silang supaya anak tidak jenuh atau bosan saat membaca sebuah teks bacaan, juga agar bacaan yang telah dibaca dapat sepenuhnya dimengerti oleh pembaca. 

Pada saat mulai pemberlakuan PTM Terbatas atau Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang di hadiri oleh 10 orang siswa dengan pemberlakukan protokol kesehatan ketat seperti mencuci tangan sebelum masuk kelas dan ketika keluar kelas, menggunakan face shield dan masker, juga susunan tempat duduk permeja ditempati oleh satu orang siswa. 

Mahasiswi UPI melakukan kegiatan Literasi seperti membagikan teks bacaan mengenai pengetahuan fauna, lalu satu orang siswa membacakannya di depan kelas, kegiatan tersebut melatih anak agar berani berbicara didepan banyak orang, dan juga pengetahuan anak bertambah ketika sudah membaca. Setelah siswa selesai membaca didepan kelas, siswa-siswi lain diberikan pertanyaan seputar bacaan, kegiatan tersebut berguna agar bacaan yang telah dibaca dapat sepenuhnya dipahami oleh siswa-siswi.

Mahasiswa dan seluruh lapisan masyarakat berperan penting dalam meningkatkan literasi, mulailah membiasakan diri untuk membaca pengetahuan apapun dari diri sendiri lalu dapat mengajarkan cara literasi yang baik kepada anak-anak penerus bangsa, supaya Indonesia tidak tertinggal jauh dalam kemampuan Literasi.

Referensi:

satu, dua

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan