Mohon tunggu...
jihan fikri addina
jihan fikri addina Mohon Tunggu... Lainnya - jihan

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Money

Kelompok KKN UNS 320 Bantu Bangkitkan UMKM Rumah Tangga Di Desa Manjung

18 September 2021   22:40 Diperbarui: 18 September 2021   22:41 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sesi Pemberian Informasi Mengenai Digital Marketing

Merebaknya virus corona mulai 03 Maret 2020 di Indonesia telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan yang paling terdampak adanya pandemi ini adalah sektor ekonomi. Hadirnya mahasiswa KKN UNS merangkul masyarakat untuk bangkit dari keadaan yang sulit ini melalui sebuah upaya pengabdian masyarakat melalui KKN Tematik UNS, dimana pemberdayaan UMKM rumah tangga menjadi fokus utama.

Dalam keadaan pandemi ini banyak UMKM yang mengalami penurunan pendapatan bahkan sampai gulung tikar. Begitupun dengan UMKM rumah tangga yang berada di Desa Manjung, Kabupaten Wonogiri juga ikut terdampak. Berdasarkan hal tersebut diperlukan adanya upaya untuk mampu mendobrak UMKM rumah tangga Desa Manjung untuk bangkit kembali dan berkembang secara optimal melalui beberapa program kerja yang dilakukan oleh kelompok KKN UNS 320.

Hal ini dapat dilihat dari program kerja mahasiswa kelompok KKN 320 yang menggandeng seluruh UMKM rumah tangga yang ada di Desa Manjung untuk turut berpartisipasi dalam edukasi pentingnya adanya branding kemasan produk yang dijual serta melakukan pemasaran secara digital (digital marketing). Kegiatan ini dimulai dari sosialisasi yang dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2021 dilakukan secara daring. Mahasiswa mengundang pembicara untuk kemudian memberikan informasi mengenai pentingnya digital marketing.

Pentingnya branding dan digital marketing sangat berpengaruh terhadap laku tidaknya suatu produk. Dimana kita tahu bahwa masyarakat akan memilih suatu produk bila memiliki merek terkenal, kemasan yang bagus, serta iklan yang menarik minat daya beli. Info mengenai produk akan sangat berpengaruh terhadap presepsi tentang keputusan untuk membeli atau tidak, baik informasi yang diperoleh dari digital seperti media sosial maupun melalui word of mouth. Maka dari itu, mahasiswa kelompok KKN UNS 320 bergerak mengajak para pelaku UMKM rumah tangga untuk memasarkan produk secara digital.

Dalam mengoptimalisasi UMKM juga diperlukan fondasi yang kuat mengenai cara mengatur keuangan dari internal pelaku UMKM, sehingga di bentuklah suatu program edukasi mengenai pembuatan laporan keuangan UMKM dengan aplikasi akuntansi UKM. Kegiatan ini dilakukan pada 20 Agustus dengan dilakukan secara semi luring. Selain itu, kelompok KKN UNS 320 juga melakukan beberapa program kerja yang diharapkan dapat memberikan peluang baru dalam hal industri rumah tangga seperti program pengelolaan limbah hasil UMKM menjadi pupuk cair, pembuatan jamu, dan pembuatan kerajinan tangan. Program-program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalisasi perkembangan UMKM rumah tangga yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian Desa Manjung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun