Mohon tunggu...
Humaniora

Peran Pemuda dalam Kelestarian Lingkungan sebagai Fondasi Membangun Suatu Daerah

10 April 2019   15:44 Diperbarui: 10 April 2019   16:27 0 1 0 Mohon Tunggu...

Hai readerss!!! So yaa, saya kembali untuk memaparkan bagaimana sih peran kita  yang sudah semestinya sebagai pemuda penerus bangsa, kemudian apa saja hal yang dapat kita lakukan dalam membangun masa depan suatu deaerah.

Penasaran??? So let's get started!

Pernah tidak kita berfikir, sebagai pemuda ini apa ya yang kiranya bisa saya lakukan untuk bangsa saya? Atau daerah saya? Tapi faktanya ketika kita berada di era teknologi ketika waktu luang para pemuda lebih memilih untuk bermain game online, belanja ke mall dan lain sebagainya. Padahal sudah seharusnya kita sadar bahwa pemuda memiliki peran besar untuk melanjutkan tugas bangsa ini. Pemuda merupakan tonggak utama perjuangan dalam menggapai cita cita bangsa. 

Namun pemuda kita saat ini?

Seperti sedang tertidur pulas sudah seharusnya pergerakan pemuda bangkit kembali, berjuang untuk menegakkan rasa keadilan yang masih jangan jauh dari kata adik, dimana hukum tumpul keatas tajam kebawah , pendidikan indonesia belum merata hingga keujung indonesia, air yang merupakan hak penduduk indonesia namun masih ada yang belum menikmati haknya, penggunaan listrik diindonesia belum juga merata disinilah dibutuhkan peran pemuda untuk bangkit memperjuangkan hak bersama.

Saya jadi teringat dengan perkataan ini 

" Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepada kita, tapi tanyakan apa yang kita telah berikan kepada negara kita"

 Bahkan negara kita ini indonesia dapat merdeka karena adanya peran pemuda. Masih ingatkan mengenai peristiwa rengasdengklok dimana para pemuda menjadi pengaman presiden agar tidak di dipengaruhi oleh pihak jepang dan ketika sumpah pemuda menjadi pengakuan perjanjian dari pemuda pemudi indonesia mengikrarkan satu tanah satu bangsa dan satu bahasa, adapun sumpah yang diikrarkan ialah

"Pertama: kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah indonesia

Kedua: kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa indonesia

Ketiga:kami putra putri indonesia mengaku menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa indonesia"

Partisipasi generasi muda dalam pembangunan harus sejalan dengan cita cita bangsa, dalam lingkungan ini diharapkan generasi muda untuk mengambil bagian secara efektif mempelapori usaha usaha masyarakat. Peran pemuda ini bukan hanya karena pemuda merupakan lapisan terbesar namun juga karena pemuda dikenal memiliki ide ide kreatif  yang cukup tinggi sehingga dipercaya dapat membawa perubahan besar bangsa.

Nah,kemudian apa yang pemuda bisa lakukan untuk membangun suatu daerah?

Peran yang kita dapat lakukan adalah bersosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan seperti kita tau banyak sekali masalah masalah yang ada seperti banjir,kebakaran hutan, penangkapan ikan menggunakan bahan peledak dan masih banyak lagi. Untuk membangun kearah yang lebih baik kita dapat mulai dari hal kecil dan mendasar, yaitu "buang sampah pada tempatnya" dimana sebuah kalimat yang enteng namun jika tak dilakukan akan menimbulkan dampak yang cukup besar yang selalu menjadi permasalahan dalam suatu daerah misalnya banjir. Ini akibat kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat masyarakat mengenai dampak dari buang sampah sembarang, sehingga disinilah peran pemuda dibutuhkan untuk berkontribusi kepada masyarakat memberikan pengetahuan mengenai besarnya dampak yang akan terjadi jika tidak membuang sampah pada tempatnya.

Kemudian untuk sampah sampah yang membutuhkan waktu berpuluh puluh tahun bahkan ratusan tahun agar dapat diurai misalnya sampah plastik dapat di daur ulang misalnya mengajarkan kepada masyarakat bahwa sampah sampah plastik dapat diolah kembali menjadi sesuatu yang bisa digunakan bahkan bisa dijual kembali, disini juga dapat melatih kreatifitas masyarakat, contohnya yang dapat dilakukan adalah botol plastik yang dioleh misalnya menjadi pot tanaman kecil, karena jika tak begitu maka sampah plastik yang sulit terurai akan menumpuk karena susahnya penguraian sampah dan pada suatu daerah perkampungan pasti indentik memelihara sapi, ayam, kambing ,kuda atau binatang ternak lainnya dan biasanya kotoran itu hanya dibiarkan begitu saja dan membuat lingkungan terkesan kotor. 

Memikirkan mengenai kotoran hewan apa yang dibayangkan? Tentu saja sangat menjijikkan namun siapa sangka kotoran yang  menjijikkan itu dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai misalnya dapat diubah menjadi pupuk karena memiliki kandungan unsur hara  sehingga dapat digunakan untuk pertumbuhan tanaman adapun yang bisa diolah dari kotoran hewan adalah  energi yang terbaharui (Biogas), secara sadar kita mengetahui bahwa banyak apa itu biogas? 

Jadi biogas merupakan gas hasil fermentasi anaerobik (tanpa udara) yang hasilnya dapat digunakan sebagai bahan bakar ,dan pada saat banyak sekali pohon yang hilang akibat penebangan pohon yang liar sehingga untuk menghindari terjadi dampak negatif seperti banjir para pemuda dapat sama sama mengajak kepada masyarakat menanam pohon kembali,dimana kita mengetahui sangat banyak manfaat pohon untuk kehidupan manusia, adapun contohnya ketika terjadi hujan yang cukup deras maka pohon menjadi satu satunya penyerapan air agar tidak terjadi banjir sehingga dapat menciptakan suatu lingkungan daerah yang sehat dan bersih,pohon juga sebagai tempat tinggal hewan hewan liar jika pohon ditebang lalu pernahkah terfikirkan mengenai pohon sebagai tempat mereka hidup,menjaga populasinya agar tidak punah sehingga anak dan cucu kita dimasa depan juga dapat melihat hewan hewan tersebut. 

Dengan pengetahuan pengetahuan yang dimiliki seorang pemuda itu dapat menjadi agent of changes , Agent of changes disini dimaksud mahasiswa sebagai pembawa perubahan kepada masyarakat kearah yang lebih baik. Dengan adanya tindakan tindakan positif oleh pemuda seperti ketika bakti sosial,Kuliah kerja nyata (KKN) dan masih banyak hal positif lain yang dapat dilakukan oleh pemuda pemuda indonesia dalam membangun suatu daerah maupun bangsa, dan semua dapat dimulai dengan hal hal kecil. 

Dan kemudian apa saja tantangan para pemuda penerus bangsa saat ini?  Tantangannya yakni para pemuda harus pintar pintar menyikapi kondisi bangsa hari ini. Jangan menjadi pemuda yang bersikap acuh kepada lingkungan,daerah bahkan negeri. Unggul pada akademik sangat diperlukan namun tak menjadi alasan untuk membuat para pemuda melupakan hakikatnya menjadi pemuda penerus bangsa.

Kemudian apakah karakter yang  harus dimiliki pemuda indonesia:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3