Mohon tunggu...
Jian Haerani
Jian Haerani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa aktif Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, sedang menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Membantu Peningkatan Mutu UMKM Katering Makanan

26 Juni 2022   16:11 Diperbarui: 26 Juni 2022   16:30 74 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Surabaya, 26 Juni 2022. KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa,  sehingga istilah ini bukan lagi suatu hal yang asing bagi mahasiswa itu sendiri maupun bagi masyarakat secara luas. Pada umumnya  setiap program KKN selalu dilakukan secara berkelompok, namun sayangnya  sejak masa pandemi Covid-19 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menetapkan kebijakan bagi seluruh mahasiswa bahwa program KKN bersifat mandiri dan dilakukan di  daerah tempat tinggal masing-masing. Hal ini tentunya bertujuan baik untuk menjaga keamanan dan kesehatan seluruh mahasiswa serta mitra terkait dalam program yang akan dikerjakan.

Meski begitu tentunya keadaan ini tidak menjadi alasan yang lantas menurukan semangat Jian Haerani, mahasiswa Untag Surabaya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi. Berada di bawah bimbingan Ibu Dra. Ratnaningsih Sri Yustini., MM selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam program kegiatan KKN yang akan dilakukan selama 12 hari. Melalui program KKN ini sasaran yang dipilih adalah Ibu Siti sebagai pemilik usaha katering di daerah Jagir Sidomukti III.

Pengusulan program pengabdian ini didasari oleh keterbatasan mitra terkait dengan pentingnya kualitas produk katering yang dihasilkan, pentingnya sebuah nama sebagai tanda pengenal usaha dan kurangnya pemahaman terhadap metode pemasaran melalui digital marketing karena selama ini usaha katering mitra hanya dikenal oleh masyarakat sekitar dan di promosikan melalui WhatsApp saja. Berdasarkan kondisi yang sedang dihadapi mitra, maka program pengabdian ini akan berfokus pada penyelesaian masalah-masalah tersebut. Adapun kegiatan yang dilakukan selama program KKN berlangsung adalah memberikan arahan tentang pentingnya peningkatan mutu UMKM untuk menunjang kegiatan usaha, pembuatan nama sebagai tanda pengenal usaha katering yang dimiliki oleh mitra, variasi kemasan produk dengan tambahan stiker, pembuatan banner dan platform media sosial Instagram serta membimbing cara penggunaannya.

dokpri-62b826f509e13d695e547363.jpeg
dokpri-62b826f509e13d695e547363.jpeg

dokpri-62b82715cfc22e2ea113b793.jpeg
dokpri-62b82715cfc22e2ea113b793.jpeg

Adapun hasil yang diperoleh dari seluruh kegiatan tersebut  adalah mitra mendapatkan arahan pentingnya peningkatan mutu UMKM dan beberapa peralatan yang dapat menunjang kegiatan usaha, nama usaha katering yang telah disepakati bersama mitra yaitu "Amanah Catering", desain logo yang berbentuk stiker sebagai bentuk branding usahanya, banner dan akun media sosial Instagram serta mendapatkan arahan mengenai cara penggunaannya. Dengan itu  semua diharapkan dapat membantu mitra dalam mengembangkan kegiatan usahanya untuk jangka waktu yang lama.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoKampus #KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan