Mohon tunggu...
Jianes Maulida Hasanah
Jianes Maulida Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya merupakan seorang mahasiswi di salah satu universitas ternama. Saya berusaha menjadi mahasiswi yang dapat berperan di tengah lingkungan masyarakat, memiliki hobi merawat tanaman dan berorganisasi di lingkungan kampus.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI Cibiru 2022: Mahasiswa Melakukan Inovasi Pakan Ikan dengan Memanfaatkan Kangkung

9 Agustus 2022   21:38 Diperbarui: 9 Agustus 2022   22:12 140 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri

 

Juli 2022, Universitas Pendidikan Indonesia menerjunkan mahasiswa angkatan 2019 untuk melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN). Salah satu desa yang menjadi sasaran mahasiswa UPI Kampus Cibiru adalah Desa Kedungdalem Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.

Dengan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM, Mahasiswa tersebut mendapatkan tema "Desa Infrastruktur dan Inovasi Sesuai Kebutuhan".

Hal pertama yang dilakukan Mahasiswa UPI Kampus Cibiru adalah dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat Desa Kedungdalem Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon, khususnya kepada para pelaku ekonomi. Salah satu warga yang mendapatkan pendampingan adalah Bapak Tursila yang berprofesi sebagai peternak ikan konsumsi dan ikan hias.

Saat melakukan observasi terkait hambatan yang dialami, beliau (bapak tursila) menuturkan bahwa selama menjadi peternak ikan terkendala dalam memberikan pakan opan karena harganya yang cukup tinggi. 

Melihat kendala yang dialami, mahasiswa UPI Cibiru berusaha mencari alternatif solusi dengan membaca berbagai referensi terkait pakan ikan yang sederhana namun berdampak baik bagi tumbuh kembang ikan. 

Hasil yang didapat setelah membaca berbagai referensi, mahasiswa menemukan solusi berupa pakan ikan sederhana dengan berbahan dasar dari kangkung. cara mengolahnya pun terbilang cukup mudah. 

Pertama kita siapkan kangkung sebanyak satu karung. Kangkung ini bisa didapatkan darimana saja, bahkan di sekitar sungai pun seringkali ditemui. kemudian kita siapkan EM4, Mulose (bisa diganti dengan gula merah yang dicairkan), dan ragi. 

Caranya kita potong kangkung menjadi tiga bagian sama besar, Setelah itu kita buat cairan pelarut dengan mencampurkan EM4, Mulose dan ragi ke dalam satu botol. 

Setelah semua bahan sudah siap langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah dengan menggelar terpal sebagai alas dan penutup nantinya. Pertama-tama kita taburkan kangkung di atas terpal, lalu tuangkan larutan di atas kangkung sedikit demi sedikit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan