Mohon tunggu...
Jhosi Yosi
Jhosi Yosi Mohon Tunggu... freelance writer

Menulis tentang apa saja, major di ekonomi dan pariwisata tapi hobi kuliner, lihat anime, baca manga, dan main games

Selanjutnya

Tutup

Karir

5 Profesi "Freelance" yang Paling Diminati Generasi Milenial 2021

11 Maret 2021   21:30 Diperbarui: 11 Maret 2021   21:31 179 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Profesi "Freelance" yang Paling Diminati Generasi Milenial 2021
Sumber: pixabay.com/Firmbee

Merasa sulit untuk mencari kerja di tahun 2021? Atau mungkin kamu adalah salah satu dari 2 juta orang yang ter PHK dan sulit mendapatkan kerja atau ter PHK karena wabah Covid-19 semenjak tahun 2020. “glassdoor” dalam penelitiannya menyatakan 68% fresh graduate sulit untuk menemukan pekerjaan karena pandemik COVID-19 yang terjadi awal tahun 2020.

Sulitnya menemukan peluang kerja / magang di instansi idaman pada tahun 2021 ini bukan berarti kamu harus putus asa untuk mendapatkan pengalaman kerja dan pendapatan lebih. Kamu bisa mencoba untuk menjadi pekerja lepas / freelance sembari menunggu peluang kerja di instansi idaman kamu atau lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu. Dengan menjadi freelancer, kamu tidak hanya akan mendapatkan tambahan uang untuk mengisi dompet, tetapi juga mempermudah kamu menulis CV ataupun saat menjawab pertanyaan wawancara kerja. Sering kali ketika instansi melakukan seleksi dokumen / wawancara, mereka mencari tahu terkait pengalaman kerja / kegiatan kamu saat menganggur atau sebelum bekerja di instansi mereka.

Berikut beberapa perkerjaan freelance yang cocok kamu lakukan untuk mengisi waktu dan dompet sembari berusaha untuk mendapatkan pekerjaan di instansi idaman kamu. Selain itu pekerjaan ini juga cocok dijadikan sambilan bagi kamu yang ingin tetap produktif sebelum mendapatkan pekerjaan yang sesuai atau memiliki profesi sebagai ibu rumah tangga.

  • Jasa Sebar Kuesioner
    Apakah kamu seorang individu yang merasa tidak punya keterampilan khusus tetapi memiliki banyak teman? Atau kamu adalah seorang ibu rumah tangga muda yang cukup aktif di grup 'whatsapp'? Maka pekerjaan ini cocok untuk kamu.
    Jasa sebar kuesioner adalah pekerjaan yang tidak memerlukan keterampilan khusus dengan modal smart phone saja. Banyak instansi atau peneiliti yang membutuhkan data untuk berbagai keperluan seperti skripsi, tesis, evaluasi penjualan, dan lain sebagainya. Kategori surveinya pun bermacam-macam, temukan jenis kuesioner yang cocok untuk kamu dan dapatkan pendapatkan dengan membantu 'mereka' untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

  • Penterjemah
    Penterjemah adalah pekerjaan yang cukup disukai oleh generasi milennial karena bisa dilakukan sambil kuliah / kerja sebagai pekerjaan sampingan. Menjadi seorang penterjermah memang memerlukan keterampilan khusus berupa kemampuan untuk memahami dan menulis dalam bahasa tertentu seperti bahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Namun keuntungan menjadi seorang penterjemah adalah, kamu bisa mendapatkan uang sambil keterampilan bahasa asingmu agar lebih baik. Banyak instansi yang mencantumkan keterampilan bahasa asing sebagai syarat melamar kerja. Yuk, asah keterampilan bahasa asing kamu dengan bekerja menjadi seorang penterjemah lepas.  

  • Jasa Mengetik
    Jasa mengetik adalah pekerjaan yang bermodalkan 'laptop' dan keterampilan untuk mengetik dengan cepat dan tepat . Meski terkesan jadul pekerjaan ini sering kali di butuhkan oleh instansi semi formal seperti bimbingan belajar untuk keperluan menyalin latihan soal atau kebutuhan personal seperti menyalin tulisan tangan. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki 'laptop' / komputer, suka menulis, cepat dalam mengetik, teliti, dan hemat kuota internet. Kamu hanya memerlukan koneksi internet saat mengunduh bahan yang perlu diketik dan mengunggah hasil data yang telah di ketik.  

  • Content Creator
    Content creator adalah pekerjaan yang membutuhkan ide dan kreativitas untuk membuat konten yang menarik perhatian audience. Konten bisa berupa tulisan, gambar, video, suara, atau gabungan dari beberapa materi melalui sosial media. Content creator adalah salah satu pekerjaan yang paling disukai oleh generasi milenial di tahun 2021 karena bisa di lakukan dimana saja dan bertemakan apa saja seperti memasak, kecantikan, dan lain sebagainya. Selain itu, menjadi content creator bisa dimulai dengan modal minim seperti smartphone atau laptop yang kamu miliki.

  • Desain Grafis
    Jika kamu adalah seseorang yang hobi untuk membuat desain grafis seperti logo, banner produk, poster, dan lain sebagainya, segera tawarkan jasa kamu melalui sosial media favorit kamu. Keahlian tersebut merupakan pundi-pundi uang yang wajib kamu manfaatkan untuk membantu UMKM dan toko online dalam mempercantik tampilan produk mereka di internet. Selain itu dengan terus menerima pekerjaan desain kamu akan terus terlatih untuk membuat hasil karya yang profesional serta memiliki ribuan portofolio yang bisa kamu sertakan saat melamar kerja.

Itulah beberapa profesi pekerjaan lepas yang bisa kamu lakukan dirumah saja. sembari meningkat pengalaman kerja dan isi dompet kamu. Profesi apa yang paling kamu minati untuk meningkatkan pengalaman kerja dan isi dompet kamu?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x