Mohon tunggu...
Jhosef Nanda
Jhosef Nanda Mohon Tunggu... Relawan - Pekerja sosial

Menulis itu kemerdekaan, menjadi humanis itu keharusan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menumbuhkan Pahlawan-pahlawan Orisinal Masa Kini

10 November 2021   01:00 Diperbarui: 10 November 2021   07:08 147 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : pixabay.com || Ilustrasi pahlawan pegang senjata

A. Refleksi Dari Pahlawan Terdahulu

1. Pahlawan

Menurut KBBI, pahlwan memiliki arti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani; hero. Dari definisi pahlawan tersebut ada tiga kata kunci, yaitu keberanian, pengorbanan dan kebenaran.

Sementara menurut penulis, pahlawan nasional adalah mereka yang semasa hidupnya berjuang dan berkorban dengan berani demi kemajuan bangsa Indonesia baik sebelum kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan.

Pahlawan itu berani, rela berkorban dan berjuang demi kebenaran

Sehingga dapat penulis simpulkan bahwa keberanian adalah karakter yang harus dimiliki seorang pahlawan, pengorbanan adalah keniscayaan yang harus dilakukan seorang pahlawan dan kemajuan bangsa adalah kebenaran yang harus diupayakan oleh seorang pahlawan.

2. Belajar dari Tokoh Pahlawan

Tokoh pahlawan Indonesia dahulu adalah individu yang berperan dalam upaya pembebasan Indonesia dari belenggu penjajahan. Pahlawan terdahulu berjuang dengan berbagai kemampuan spesifiknya, melalui politik, pendidikan, angkat senjata hingga aktivitas keagamaan.

Mereka adalah pahlawan-pahlawan, yang meskipun pada masa tertentu belum saling menyatu-padu, tetapi sama-sama memperjuangkan kemerdekaan dari belenggu kolonialisme. Kita masyarakat sekarang harus mampu memetik nilai dari perjuangan pahlawan terdahulu. 

Mereka tidak saling kenal dan bahkan masih tercerai-berai di daerahnya masing-masing, tetapi memiliki semacam "rasa yang sama", yaitu hasrat akan kebebasan. Tidak hanya memiliki rasa yang sama, mereka juga memiliki daya juang yang sama untuk mewujudkan kebebasan (kemerdekaan) itu melalui berbagai instrumen perjuangan.

Rasa memiliki bangsa Indonesia harus tumbuh pada setiap individu di masyarakat

Nilai inilah yang penulis rasa perlu kita adopsi dari tokoh pahlawan di masa lampau. Rasa memiliki akan bangsa ini harus tertanam didalam benak setiap kita. Begitu juga dengan daya juang untuk terus memelihara dan memajukan Indonesia.

3. Pahlawan "pegang senjata" dan Pahlawan "dibalik meja"

Kalau penulis boleh beropini (sebagai seorang pembelajar), tipe pahlawan Indonesia ada 2, yaitu pahlawan pegang senjata dan pahlawan dibalik meja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan