Mohon tunggu...
hasran wirayudha
hasran wirayudha Mohon Tunggu... welcome to my imagination

orang kecil dengan cita-cita besar

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Harapanku pada Jokowi Season 2

21 Oktober 2019   14:47 Diperbarui: 21 Oktober 2019   14:50 0 1 0 Mohon Tunggu...
Harapanku pada Jokowi Season 2
Sumber gambar: jokowiapp

Jokowi kini telah resmi menjadi presiden Indonesia untuk periode 5 tahun selanjutnya dan ini merupakan periode kedua jokowi memimpin negara ini, harapan rakyat tentu saja apa yang dibangun dan direncanakan pemerintahan jokowi sebelumnya akan diteruskan atau dilanjutkan sehingga visi jokowi untuk menjadikan negara maju dan berdaya saing akan terwujud.

Sebagai seorang rakyat tentu saja aku juga memiliki harapan untuk pemerintahan jokowi season 2 ini, dimana harapan itu belum terwujud pada pemerintahan jokowi season 1 yaitu program menciptakan wirausaha-wirausaha baru untuk meningkatkan perekonomian khususnya kaum muda milenial dan rakyat secara umum.

Pada pemerintahan jokowi season 1 terus terang aku sedikit kecewa sebab keseriusan pemerintah untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru tidak didukung dengan program kongkrit sehingga banyak kaum muda milenial yang mempunyai potensi menjadi seorang wirausaha terpaksa harus menjadi karyawan untuk bertahan hidup dan itu sangat disayangkan.

Kendala utama yang dihadapi kaum milenial untuk memulai usaha adalah ketersediaan modal yang terbatas atau banyak juga yang tidak punya modal sama sekali padahal dia memiliki ide bisnis yang potensial. dalam hal ini pemerintah belum punya program itu,sehingga harapanku untuk jokowi season 2 ini adalah adanya program kongkrit untuk menciptakan wirausaha muda yang baru, mungkin aku punya sedikit gambaran bagaimana program ini berjalan dan dapat membantu yaitu sebagai berikut :

1. Dana bersumber pada APBN dan disalurkan melalui bank pemerintah

2. seluruh WNI berumur minimal 17 tahun berhak ikut mengajukan diri dalam program ini tanpa memandang pendidikan

3. Dana akan disalurkan kepada peserta yang dianggap layak

4. kelayakan yang dimaksud poin 3 adalah meliputi potensi usaha, penilaian modal, dan pengelolaan

5. penilaian pengajuan modal usaha ini dilakukan oleh bank dan disetujui oleh dinas terkait mewakili pemerintah dengan mengeluarkan surat rekomendasi

5. dana disalurkan dalam bentuk pinjaman lunak dengan tenor jangka panjang

6. Pinjaman ini harus tanpa jaminan, sebagai ganti jaminan adalah surat rekomendasi pemerintah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x