Jhon Miduk Sitorus
Jhon Miduk Sitorus Mahasiswa

The Caretaker Of Lovely Tobasa & Amborgang. Anak Kampung. Writer. Arsenal Fans. Kutu Buku Pecinta Sejarah. Bercita-cita Ingin Memperbaiki Birokrasi Tobasa Instagram : @jhonmiduk8

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Menilik Peluang Arsenal Finish di 4 Besar Liga Inggris

18 Mei 2017   13:51 Diperbarui: 18 Mei 2017   14:14 137 1 0
Menilik Peluang Arsenal Finish di 4 Besar Liga Inggris
Klasemen Liga Primer Inggris Pekan ke-37. sumber : dok.pribadi

Arsenal akan menjalani laga terakhirnya melawan salah satu klub yang kerap mengalahkan tim peringkat 6 besar, Everton. Pada pertemuan pertama Desember lalu, Arsenal kalah 2-1 di Goodison Park, kandang Everton. Saat ini, Arsenal berada di peringkat ke-5 klasemen sementara Premier League dengan poin 72, selisih 1 poin dengan Liverpool diperingkat ke-4 dan 3 poin dengan Manchester City yang berada di posisi ke-3.

Pada saat yang sama, Liverpool akan menghadapi tim yang sudah dipastikan terdegradasi, Middlesbrough di kandang Liverpool sendiri, Anfield Stadium. Sepertinya Liverpool tidak akan membuang kesempatan ini demi tiket 4 besar agar bisa berlaga di Liga Champion musim depan.

Machester City akan bertandang ke Watford, tim penghuni papan bawah yang berada di peringkat 16. Sepertinya tidak ada kesulitan berarti untuk tetap bertengger di posisi 4 besar. Manchester City setidaknya masih memiliki jumlah selisih gol yang lebih banyak dari Liverpool dan Arsenal. City memiliki selisih gol 36, Liverpool 33, dan Arsenal 31.

Misi yang amat berat bagi Arsenal karena selain wajib menang, Arsenal sekaligus berharap agar City dan Liverpool terpeleset. Mengharapkan kedua tim yang sedang beringas dalam beberapa laga terakhir ini sama saja ibarat mengharapkan hujan turun di siang bolong.

Jika Arsenal menang, Liverpool setidaknya harus kalah jika ingin berada diperingkat 4, tiket terakhir ke Liga Champions musim depan. Jika Ingin berada di posisi 3, Manchester City dan Liverpool harus kalah.

Skema Peluang Arsenal di posisi 3

Skema Perkiraan Arsenal jika berada di peringkat 3. sumber : diolah oleh penulis.
Skema Perkiraan Arsenal jika berada di peringkat 3. sumber : diolah oleh penulis.

Jika Arsenal menang 1-0 melawan Everton, maka City setidaknya harus kalah 5-0. Dengan demikian jumlah poin sama-sama 75, tetapi selisih gol Arsenal lebih besar (32) dibanding City (31). Pengandaian yang lain, jika Arsenal menang dengan skor 2-0, City setidaknya juga harus kalah 3-0 oleh Watford. Begitu juga selanjutnya, jika Arsenal menang 3-0, City harus kalah 2-0 dan pada saat yang sama, Liverpool juga harus kalah atau seri.

Skema Peluang Arsenal di Posisi 4

Skema perkiraan Arsenal jika di posisi 4. sumber : diolah oleh penulis.
Skema perkiraan Arsenal jika di posisi 4. sumber : diolah oleh penulis.

Arsenal akan berada di posisi 4 jika kemungkinan berikut bisa terjadi. Arsenal menang melawan Everton, tetapi Liverpool harus kalah begitu juga dengan City dengan skor tidak lebih dari 0-4  atau margin 4 gol maka Arsenal akan bertengger di posisi 4.

Jika Arsenal seri melawan Everton, Liverpool harus kalah setidaknya 3-0 untuk menggungguli suplus gol. Jika City menang tidak menjadi masalah karena Arsenal masih berada di peringkat 4.

Persentase Peluang

Manchester City, Liverpool dan Arsenal adalah 3 tim raksasa di Liga Premier Inggris. City tentu tidak ingin kehilangan satu poin pun, apalagi Liverpool yang diyakini akan menggila di Anfield melawan Middlesbrough.

Dari 3 tim yang memperebutkan posisi 3 dan 4, Manchester City bisa dipastikan akan mendapatk tiket Liga Champion musim depan karena berbagai faktor. Yang pertama, meskipun Arsenal dan Liverpool sama-sama menang, sepertinya kecil kemungkinan Manchester City untuk kalah dengan selisih 5 gol dari Watford mengingat agresivitas City yang didukung oleh Aguero, Sane, Gabriel Jesus, Sterling, Kevin De Bruyne dkk musim ini sangat baik.

Diprediksikan, Manchester City akan menang dengan skor tipis untuk menjaga asa ke liga Champions musim depan, atau seminim-minimnya jika kalah paling telak dengan margin 2 gol. Dengan demikian, kemenangan Arsenal tidak berarti karena masih kalah selisih gol dengan point yang sama, 75.

Bagaimana dengan Liverpool? Liverpool melawan tim papan bawah yang sudah melara, Middlesbrough di kandangnya sendiri, Anfield. Diprediksi, Liverpool akan mendominasi laga dan akan membombardir pertahanan The boro sepanjang laga. Liverpool memang bisa saja kalah, tetapi diatas kertas, Liverpool lebih mendominasi laga saat melawan tim papan bawah. Jangan lupakan agresivitas Philiph Coutinho, Sturridge, Mane dan Firminho musim ini yang terbilang produktif.

Arsenal? Meski punya peluang besar untuk menang, jangan sepelekan juga kontribusi Everton selama beralaga di Liga Inggris. Mereka adalah tim perusak klub raksasa di EPL. Romelu Lukaku dipastikan akan mengancam gawang Petr Cech, mengingat statusnya sebagai top skorer Liga Inggris musim ini dengan 24 Gol.

Dari pertimbangan peluang dan kekuatan masing-masing tim, maka Manchester City lebih berpeluang sebesar 75% untuk berada di posisi 3 maupun 4. Liverpool mendapat peluang sebesar 15% untuk berada di posisi 3 atau 4, sedangkan Arsenal selebihnya atau 10% saja.

Jika dipertimbangkan bagaimana peluang Liverpool dan Arsenal menduduki Posisi 4? Kembali kepada kekuatan lawan masing-masing, diatas kertas Liverpool lebih berpeluang sebesar 75% dibanding dengan Arsenal sebesar 25%. Jadi, meski Arsenal menang dengan telak sekalipun, tetap membutuhkan keberuntungan dengan harapan agar Liverpool dan Manchester City terperosok pada hari yang sama. Apakah hal ini akan terjadi? Kita tunggu saja, pekan ke 38 Liga Premier Inggris.