Mohon tunggu...
Jhon Miduk Sitorus
Jhon Miduk Sitorus Mohon Tunggu... Ekonomi, Politik dan Sepakbola

Instagram @Jhonmiduk8

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Hore... Kini Cetak KTP Tidak Sampai 2 Menit, lho!

5 Desember 2019   17:31 Diperbarui: 5 Desember 2019   17:51 298 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hore... Kini Cetak KTP Tidak Sampai 2 Menit, lho!
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan simulasi mesin ADM untuk mencetak KTP. Hasilnya tidak sampai 2 menit, e-KTP sudah tercetak keluar sempurna. sumber: Jawapos.com

Ya, tidak sampai 2 menit atau tepatnya 1,5 menit kamu sudah bisa mencetak KTP saat ini tanpa harus menunggu berlama-lama apalagi sampai berbulan-bulan. 

Saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mencetak dokumen kependudukan. 

Tak hanya KTP lho yang bisa dicetak di mesin ADM ini, tapi kamu juga bisa mencetak identitas kependudukan lainnya secara mandiri seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), akta lahir dan akta mati. Bentuk mesinnya cukup familiar, tak jauh beda dengan mesin ATM.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sendiri, Tito Karnavian telah mencoba melakukan pencetakan KTP sendiri melalui mesin ADM ini pada 29 November lalu. Hasilnya memuaskan, tak sampai 2 menit atau tepatnya 1,5 menit KTPnya sudah keluar, persis seperti KTP yang lazim kita gunakan saat ini.

Nah, apakah mesin ADM ini bisa digunakan di seluruh daerah di Indonesia? tentu bisa banget, karena ini adalah target pemerintah agar proses pencetakan identitas sipil seluruh masyarakat Indonesia tidak memakan waktu lebih lama lagi, artinya semuanya harus serba cepat. 

Seluruh Dinas Dukcapil nantinya akan dipasang mesin ADM agar semua warga bisa melakukan pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri tanpa harus mengantri panjang dan menunggu lama.

Jadi, bagaimana dengan kamu yang belum mengurus catatan kependudukan atau belum pernah sama sekali mengurus atau memiliki KTP? Mendaftar pembuatan e-KTP, KK dan dokumen kependudukan lainnya tetap kamu lakukan di Kantor Dukcapil atau melalui online ya, tetapi sehabis itu kamu langsung bisa mencetaknya melalui mesin ADM ini.

Keberadaan mesin ADM ini juga mengurangi potensi pungutan liar (pungli) dan korupsi dalam pembuatan KTP, KK, dan lain-lain sebab masing-masing individu bisa melakukannya secara sendiri-sendiri tanpa melalui alur birokrasi yang selama ini membebani warga terutama dalam hal waktu tunggu dengan antrian yang memanjang. 

Dengan mesin ini, kamu tak perlu khawatir lagi soal lamanya pencetakan identitas kependudukan karena mesin ini sudah terhubung langsung dengan server pusat informasi Dukcapil.

Problema bikin E-KTP yang berbulan-bulan tidak akan kita temui lagi apalagi mendengar alasan klasik, "blangko habis atau kosong" karena semua sudah serba digital pada zaman now. Inovasi yang keren dari Kemendagri ini memang dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya dengan cepat, gratis, berstandar sama dan tanpa diskriminasi (memandang status sosial). 

Pemerintah juga akan menjamin ketersediaan Blangko disetiap mesin ADM agar tidak sampai kehabisan. Tau kan bagaimana gampangnya bertransaksi lewat ATM? segampang itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x