Mohon tunggu...
jhon merari
jhon merari Mohon Tunggu...

Produsen Konten / Instagram : @kalikalire / email : jhnmerari@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Jadikan Dogeng sebagai Hobi Orangtua bersama Anak

19 Desember 2018   19:19 Diperbarui: 19 Desember 2018   19:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Orang-orang modern sudah menilai dogeng amat lapuk dan tidak relevan dengan jaman? Apa iya?

Gue tidak sependapat bilamana dogeng dianggap sebagai artefak dari masa lalu. Justru jaman sekarang dogeng adalah solusi bagi hubungan orang tua dengan anak. Maka, marilah kita angkat dogeng utuk dijadikan movement agar hubungan orang tua dan anak jaman sekarang kian erat. 

Pasti... teman-teman bertanya kenapa dogeng perlu dijadikan sebuah movement? Gue tentu akan menjelaskan hal ini menjadi tiga langkah. 

Pertama, mempererat hubungan anak dan orang tua. Waktu orang tua jaman now sudah tentu habis di lingkungan pekerjaan, terjebak macet di jalan tol, dan sibuk menyimak sosial media. Hal ini jelas sekali merubah kebiasaan orang tua. Di mana seharusnya waktu mereka itu digunakan untuk berkomunikasi dengan sang anak. 

Kedua, melatih imajinasi orang tua dan anak. Mau tidak mau ketika orang tua menceritakan dogeng kepada anak-anak, sudah pasti mereka akan menvisualkan tempat cerita berlangsung, sikap tokoh dicerita seperti apa, dan cerita ini akan berakhir bahagia atau sedih. Dan sebaliknya pikiran si anak juga akan terstimulasi untuk membayangkan kisah itu. Dan hal ini akan menjadi baik bagi kedua belah pihak. Betapa bahagianya.

Ketiga,  memberi nilai kehidupan. Dogeng bukan semata-mata hanya cerita pengantar tidur lho. Sebab, dogeng memiliki nilai lebih, di mana di setiap untaian kalimat yang tertulis banyak mengandung nilai-nilai luhur kehidupan, sopan santun, dan mimpi. Oleh karena sebab itulah, anak jaman sekarang memang perlu diberi pengajaran sederhana semacam ini dari orang tua mereka. Supaya anak jaman sekarang tetap bisa sesuai dengan jaman masa kini, namun tidak melupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Jadi... gue mengajak bagi para orang tua agar mulai menyempatkan waktu untuk mendogengkan kisah apa saja kepada anaknya. Karena siapa lagi yang akan mendidik anak, jika bukan orang tuanya. 

Kalo begitu gue ucapkan selamat bercerita kepada anak-anak sebelum mereka tidur.  

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa esok hari.