Mohon tunggu...
Humaniora

Analisis Media Sosial The Body Shop Indonesia

8 Mei 2018   02:17 Diperbarui: 8 Mei 2018   02:59 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.breastfriendsnorthampton.org

Media sosial dapat dikatakan aplikasi yang multifungsi karena bukan hanya sebatas memberi-menerima informasi, menjual-membeli poduk, tetapi bisa pada tahap di mana merubah pemikiran dan keputusan pengguna. Ada beberapa kriteria media sosial dapat dikatakan baik:

  • Memiliki daya tarik   : media sosial akan mendapat perhatian pengguna apabila memiliki daya tarik, baik itu dengan menggunakan gambar, video, berisi tulisan-tulisan yang bagus, atau menggunakan model yang cantik/ganteng atau menggunakan orang-orang yang berpengaruh. Karena daya tarik tersebut akan mengubah pandangan sampai keputusan pengguna.
  • Tampilan yang unik  : media sosial harus memiliki tampilan yang unik seperti memiliki tema warna sendiri yang dipertahankan dari awal agar warna tersebut menjadi ciri khasnya. Dengan adanya tampilan yang menarik dapat meningkatkan awareness pengguna tentang produk yang di unggah di media sosial.
  • Desain                         : setiap perusahaan memiliki strategi untuk menonjolkan produk yang mereka punya termasuk dalam hal mengoperasikan media sosial, salah satunya adalah strategi desain media sosial baik itu gambar dan video.
  • Target                         : target atau sasaran produk yang jelas dapat memudahkan media sosial untuk menciptakan karya (foto,video, tulisan) yang sesuai dan memunculkan adanya konsistensi.
  • Feedback                    : adanya feedback antara pengguna dan perusahaan melalui media sosial merupakan aspek yang penting karena melalui feedback yang terjadi pengguna merasa dilibatkan dan didengarkan oleh perusahaan dan hal ini juga yang memutuskan mereka loyal atau setia terhadap produk tersebut.

Dibalik karya media sosial yang baik terdapat orang-orang yang bertanggung jawab terhadap pembagian tugas mereka masing-masing seperti digital marketing manager, content marketing manager, customer experience manager, dan community manager. Beberapa tugas yang harus mereka kerjakan yaitu mengatur pembuatan dan penerbitan konten yang relevan, asli, dan berkualitas tinggi, identifikasi dan tingkatkan aspek pengembangan organisasi yang akan meningkatkan konten (yaitu: pelatihan karyawan, pengakuan dan penghargaan untuk partisipasi dalam pemasaran perusahaan dan peninjauan online), Buat jadwal penerbitan yang tepat, dan masih banyak lagi. Tetapi, paling pertama seorang manager media sosial wajib menetukan strategi agar bias memenuhi komponen yang ada:

  • Brand Development

Medial sosial perusahaan yang produknya bersifat produk, harus mengetahui alasan "kenapa harus membeli produk ini" dan "kenapa harus beli di sini".

  • Identify Target Customer

Harus mengetahui target produk agar media sosial dapat menampilkan sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan target, dengan kata lain pendekatan yang dilakukan bias diterima oleh Kalangan yang ditargetkan

  • Visual Design and Web Development Strategy

Ketertarikan seseorang akan muncul terhadap hal-hal yang memiliki ciri khas. Begitu pula dengan media sosial, media sosial yang memiliki ciri khas dan selalu konsisten dengan apa yang ditampilkan misalnya tema warna dan caption yang menarik akan meningkatkan ketertarikan terhadap produk yang ditampilkan.

  • Promotion Strategy

Media sosial dapat digunakan sebagai wadah untuk promosi dan juga kampanye, melalui konten yang di unggah dapat meningkatkan nilai dari konten tersebut.

  • Engagement Strategy

Media sosial yang baik harus terlibat dengan para pengguna karena dengan adanya interaksi atau feedback, pengguna akan merasa didengarkan dan dilibatkan yang akhirnya rasa percaya mereka terhadap suatu produk atau perusahaan akan tumbuh.

Mengikuti perkembangan zaman, sekarang banyak perusahaan baik profit dan non-profit yang menggunakan media sosial sebagai wadah untuk promosi dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk mereka. Salah satunya adalah The Body Shop. The Body Shop merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan, didirikan oleh Dame Anita Roddick tahun 1976. The Body Shop terkenal dengan produk-produknya yang menggunakan bahan yang alami dan memunculkan slogan-slogan seperti against animal testing dan protect our planet. Media sosial yang digunakan The Body Shop adalah Instagram dan Twitter.

  • Instagram

Di media sosial Instagram The Body Shop membagikan informasi tentang produk, tutorial make up dan penggunaan produk, dan campaign tentang slogan yang mereka pakai. Dalam hal promosi mereka menggandeng salah satu artis Indonesia yang go Internasional yaitu Cinta Laura Kiehl menjadi brand ambassador. Akan tetapi, warna yang ditampilkan mengikuti warna produk yang menyebabkan tidak konsisten warna di tampilan Instagram sehingga apabila sering dilihat agak sedikit membosankan dan tidak adanya feedback dari admin Instagram terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
  • Twitter

Di media sosial Twitter The Body shop membagikan informasi tentang produk, campaign slogan, promo, dan tips menggunakan produk kosmetik dan kesehatan yang benar. Berbeda dengan di Instagram, di Twitter terjadi feedback antara admin media sosial dan pengguna tentang pertanyaam yang muncul. Di dalam media sosial twitter terdapat beberapa foto artis yaitu Cinta Laura Kiehl dan Nadine Candrawinata.

3-5af0a602caf7db43213ec482.png
3-5af0a602caf7db43213ec482.png
dokpri
dokpri
Melihat dari media sosial Instagram dan Twitter The Body Shop Indonesia dapat disimpulkan sudah memenuhi kriteria sebagai media sosial yang baik. Baik dari segi visual (gambar dan video) dan caption yang ringan dibaca tetapi tetap mendapatkan informasi, dari segi tema warna yang ditampilkan meskipun sedikit berantakan tetapi menjadi ciri khas bagi produk ini ditambah lagi logo yang sangat familiar di mata dan telinga masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun