Mohon tunggu...
Inovasi

Peranan Multimedia untuk Kepentingan Manusia

2 Februari 2018   16:43 Diperbarui: 2 Februari 2018   16:50 2795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Perkembangan dan penggunaan multimedia di indonesia setelah masuknya internet sudah tidak dapat diukur lagi, banyak khalayak yang menggunakan multimedia sebagai sarana untuk mendapatkan informasi untuk memenuhi kebutuhan, penggunaan multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan dan bisnis. 

Di bidang bisnis multimedia dapat digunakan sebagai profil perusahaan atau produk sedangkan di bidang pendidikan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Lebih membahas tentang peranan di bidang pendidikan, dengan perkembangan teknologi yang pesat dalam bidang pendidikan pun diharuskan untuk menggunakan multimedia karena membantu dalam memberikan kecepatan dan kefahaman tentang sesuatu dengan tepat, menarik, dan efektif dalam pembelajaran baik secara teori maupun praktek.

Secara umum multimedia adalah berhubungan dengan  penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Multimedia berasal dari kata Multi dan media, Multi berasal dari bahasa latin nounsyang berarti banyak atau bermacam-macam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa latin mediumyang berarti perantara atau sesuatu yang dipakai unutk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu. 

Dari penjelasan diatas, dapat diartikan bahwa multimedia adalah kombinasi teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan secara interaktif kepada pengguna dengan cara elektronik atau digital yang dimanipulasi. Menurut Rosch tahun 1991 multimedia adalah suatu kombinasi data atau media unutk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.

Terdapat lima elemen multimedia yaitu, pertama, teks bagian multimedia yang menayangkan tulisan di layar membantu untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi secara cepat. Kedua, gambar yang digunakan dalam produksi multimedia berkisar dari klip art samapi fotografi. Ketiga, film merupakan bagian multimedia yang dapat menjadi sarana untuk menonton suatu film. Keempat, animasi yang menayangkan gambar secara bergantian kadang animasi dapat mengekspresikan suatu unsur yang lebih mengena karakteristiknya. Kelima, suara merupakan pelengkap yang sangat membantu di multimedia karena menciptakan suasana yang lebih hidup, menghilangkan rasa jenuh, dan menjadi sebuah daya tarik tersendiri.

dalam perkembangannya multimedia terbagi menjadi dua kelompok yaitu multimedia content production(modern) dan multimedia communication(tradisional). Multimedia content production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berebeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara yang baru. Sedangkan multimedia communicationmenggunakan media massa untuk mempublikasikan material advertising, news, entertaiment, publicity dll.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh De Porter menyatakan bahwa manusia dapat menyerap materi itu sebanyak 70% dari yang dikerjakan dan 50% dari yang didengarkan dan dilihat dan juga kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan mudah apabila dibantu dengan sarana karena 83% lewat indera penglihatan lebih mempermudah mengingat pelajaran. Oleh karena itu penggunaan multimedia memberikan peranan yang penting dalam bidang pendidikan terutama dalam pembelajaran. 

Keunggulan lain multimedia dalam pendidikan adalah multimedia itu interaktif  maksudnya media ini secra tidak langusng mampu memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan materi contohnya adalah aplikasi  permainan "marbel huruf" dalam pemainan ini pengguna akan menebak huruf dengan lebih mudah karena ditampilkan bersama dengan suara dan juga benda yang menggarkan huruf yang dipelajari. Menurut Fenrich (1997)  keunggulan multimedia pemberlajarana antara lain:

  • Dapat belajar sesuai dengan kemampuan, kesiapan dan keinginan mereka.
  • Dapat mendorong keinginan siswa untuk mengejar pemberitahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika
  • Siswa menghadapi suatu evaluasi yang objektif melalu keikutsertaanya dalam latihan yang disediakan
  • Siswa menikmati privasi dimana mereka tidak perlu malu saat melakukan kesalahan
  • Belajar kapan saja mereka mau tanpa terika suatu waktu yang telah ditentukan

Berdasarkan hal diatas, dapat dilihat bahwa multimedia dalam pembelajaran dapat digunakan dalam tiga fungsi, yaitu:

  • Multimedia dapat berfungsi sebagai alat bantu intruksional
  • Multimedia dapat berfungsi sebagai tutorial interaktif
  • Multimedia dapat berfungsi sebagai sumber petunjuk belajar.

Dalam pembelajaran format multimedia yang digunakan antara lain:

Turtorial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun