Mohon tunggu...
Bisnis

Timun Suri, Primadona di Bulan Ramadan

16 Mei 2019   02:31 Diperbarui: 16 Mei 2019   02:39 0 0 0 Mohon Tunggu...

Berbicara tentang Ramadan, pasti sudah tak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah apa? Buah Timun Suri! Ya, timun suri adalah buah yang kerap kali selalu ada di bulan Ramadan. Di balik rasa nya yang legit, ternyata cara menanam timur suri engga susah loh kita bisa coba di halaman rumah sendiri.

Proses penanaman timun suri dilakukan dengan cara pertama yaitu menggemburkan tanah dengan di pacul terlebih dahulu kemudian, diberikan pupuk dulu sebelum ditanami bibit timun suri yang berfungsi untuk penyuburan dan setelah itu, baru di taburi bibit.  Untuk sekali menanaman dapat diberikan 4-8 bibit timun suri yang berasal dari biji buah timun suri yang sudah dikeringkan. Setelah satu minggu sudah mulai terlihat benih barulah di berikan pupuk yang bernama TSP pupuk yang khusus untuk timun suri.

Setelah proses penanaman selesai dilakukan hanya menunggu selama dua bulan untuk perawatan seperti di siram dan dilakukan penyemprotan untuk memberikan vitamin kemudian setelah itu buah timun suri siap di panen. Timun suri sendiri memiliki berbagai jenis seperti di perkebunan kota Depok ini mempunyai 2 jenis buah timun suri yaitu timun suri yang berawarna hijau dan berwarna kuning. Dari rasa nya pun pasti berbeda ya. Untuk yang berwarna hijau rasa nya lebih hambar, dan yang berwarna kuning rasa nya lebih manis. namun keduanya tetap sama-sama digemari oleh masyarakat.

Mungkin sebagian dari kita, belum tahu manfaat-manfaat apa saja yang terkandung dalam buah timun suri ini ternyata kaya akan kandungan air, fruktosa, mineral kalium, fosfor, vitamin A, vitamin C, serta serat makanan. 

Kandungan air yang tinggi pada timun suri dapat membantu proses metabolisme. Metabolisme adalah suatu reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh untuk mempertahakankan hidup dengan adanya pemecahan dan pembentukan zat gizi. Dalam situasi seperti dalam keadaan puasa, maka tubuh akan kekurangan banyak cairan, karena yang biasanya kita makan atau minum tiga kali (pagi, siang, sore) namun pada saat berpuasa, maka kita hanya akan makan dan minum selama 1 kali saat berbuka dan 1 kali saat sahur.

Di bulan ramadhan timun suri biasanya di sulap menjadi santapan yang menyegarkan. Di jadikan es timun suri, di tambahkan selasih atau blewah pun masih tetap enak. Bahkan di jadikan pudding bisa juga loh. Banyak banget kan manfaat dari buah ini? Buat kalian yang belum pernah coba timun suri ini wajib banget cobain ya!