Mohon tunggu...
Jesi Andrean
Jesi Andrean Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka bermain basket

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 2022

3 Oktober 2022   08:59 Diperbarui: 3 Oktober 2022   09:13 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pertama sebelum saya melakukan geladi saya mengerjakan terlebih dahulu tugas pra geladi yaitu, mencari syair dari lagu Indonesia Raya serta memilih mana yang menurut saya menarik dan diberi penjelasan, dan tugas selanjutnya menonton video dokumenter saya memilih video "Perjalanan Chef Juna ke Bali,  Penuh Rasa dan Kenangan" dari video tersebut saya diminta untuk menjelaskan apa yang menarik dari video tersebut, apa tantangan bagi anak muda, dan tindakan apa yang tepat untuk mempertahankan tradisi dan budaya. 

Pada hari geladi yang ditetapkan 2 Oktober 2022 kemarin saya mengikutinya dengan baik mendengarkan setiap pantia yang sedang berbicara, berdiskusi dengan kelompok, dan mempresentasikan hasil diskusi tersebut. Dari geladi ini saya senang sih mengikutinya meskipun lama tapi terasa sebentar karena saya mengikutinya dengan rasa semangat.

Geladi ini juga perlu menggunakan kemampuan logika dan bahasa, mengapa? Karena di geladi ini kita diajarkan untuk lebih berpikir secara kritis agar semuanya tersampaikan dengan baik, dan juga dapat menjalin komunikasi yang baik dengan sesama. 

Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari geladi kemarin yaitu saya jadi lebih percaya diri berbicara didepan orang lain, saya dapat menjalin kerja sama yang baik dengan anggota kelompok meskipun baru pertama kali bertemu, dapat menjelaskan materi presentasi secara tersusun seperti yang disampaikan bapak Sophan Ajie, dan terakhir dalam presentasi saya jadi mengerti bahwa membutuhkan fakta-fakta lain sehingga materi presentasi tersampaikan dengan baik. Terakhir dari saya cara meningkatkan kemampuan yang saya pelajari dari geladi Hominisasi adalah dapat menggunakan logika dan bahasa dalam menyampaikan materi saat presentasi sehingga materi presentasi dapat dimengerti serta berguna bagi banyak orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun